Gaji Minimalis Bukan Berarti Tak Bisa Cukupi Kebutuhan, Begini Tipsnya

By Content Marketing, Jumat, 25 Desember 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi pengelolaan gaji (PeopleImages)

Nova.id – Dari tahun ke tahun, pemerintah selalu berusaha untuk menaikkan angka upah minimum di setiap daerah guna memberi kesejahteraan bagi para penduduknya. Namun, kebijakan ini tidak berarti bahwa setiap orang akan mendapat angka pendapatan yang sesuai.

Sebab, masih banyak pula karyawan yang menerima upah di bawah nilai upah minimum. Tentu situasi ini akan menyulitkan seseorang untuk mengelola kebutuhan sehari-hari, terutama jika mereka sudah berkeluarga.

Namun, situasi ini bukan akhir dari segalanya. Lewat pengelolaan keuangan yang tepat, berapapun pendapatan yang dimiliki, Sahabat Nova tetap bisa kok hidup berkecukupan. Dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/11/2020), begini caranya:

Evaluasi pengeluaran rumahan

Memiliki atau tidak memiliki rumah sendiri, keduanya tentu tetap memerlukan biaya tambahan. Mulai dari sewa atau cicilan rumah, biaya air, hingga biaya listrik, seluruhnya tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Baca Juga: Aktingnya dengan Arya Saloka di Ikatan Cinta Bikin Baper, Amanda Manopo Justru Ungkap Fakta di Balik Layar: Kita Jarang Ngobrol

Untuk menekan pengeluaran, ada baiknya Sabahat Nova rutin merekap pengeluaran bulanan sehingga bisa mencari celah pengeluaran mana yang selalu bernilai tinggi. Setelah itu, lakukanlah strategi untuk mengatasinya.

Misalnya, biaya air selalu mahal, maka cobalah untuk menggunakan air hanya ketika dibutuhkan. Kurangi menampung air di tempat-tempat tertentu untuk mencegah biaya yang membengkak.

Alokasi belanja bulanan

Berhubung pendapatan yang diterima tidak cukup banyak, maka Sahabat Nova harus lebih bijak dalam membeli kebutuhan bulanan. Hindari membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Jika ada barang yang diinginkan, ada baiknya dibeli secara bertahap agar gaji tidak habis dalam satu waktu. Supaya lebih teratur, buat juga daftar belanjaan yang dibutuhkan setiap bulannya.

Baca Juga: Terima Lamaran Vicky Prasetyo, Ini Alasan Kalina Ocktaranny Pilih Prewedding di Bali