Berlibur Sekeluarga, Begini Cara Jaga Anak dari Paparan Virus

By Content Marketing, Jumat, 25 Desember 2020 | 21:49 WIB
Liburan keluarga (ISTOCK)

Nova.id – Jelang liburan akhir tahun, beberapa dari Sahabat Nova mungkin sudah merencanakan untuk pergi berlibur dengan keluarga. Selain melepas penat setelah lama berada di rumah, liburan juga mampu mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Meski begitu, berlibur di tengah pandemi tetap memerlukan beberapa perhatian. Di antaranya yakni manajemen perilaku bagi anak-anak dan balita. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 dari anggota keluarga lain yang lebih dewasa.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (08/12/2020), Ahli Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan, ada baiknya orangtua menjauhkan bayi dari orang luar selain keluarga inti.

“Bayi selama dalam perjalanan di tempat wisata kalau bisa hindari dari sentuhan orang-orang yang bukan keluarga inti,” kata dia.

Baca Juga: Ketampanannya Makin Terlihat, Azka Corbuzier Disebut Netizen Mirip Kim Soo Hyun

Menurut Hermawan, bayi masih belum memiliki otonomi berpikir dan bertindak sendiri, sehingga para orang dewasa wajib melakukan manajemen perilaku.

Selain itu, ia juga mengimbau agar orangtua tidak mengizinkan orang lain untuk menggendong atau menyentuh bayi di tengah kondisi pandemi.

“Jangan sampai bayi digendong orang dari luar keluarga inti. Bayi tidak berinteraksi dengan orang lain tanpa diizinkan orangtua,” ujar dia.

Perilaku anak di tempat wisata

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak masih membutuhkan pengawasan orangtua meski sudah dapat berpikir dan bertindak sendiri. Untuk itu, orangtua perlu memberi edukasi seputar protokol kesehatan.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara membekali anak hand sanitizer yang mudah dikantongi. Namun sebelumnya, orangtua juga harus mengajari kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Baca Juga: Diberi Cincin dan Diminta Menjadi Ibu oleh Anak Vicky Prasetyo, Kalina Ocktaranny Menagis Haru: Senang Banget