Dukung Anak agar Gemar Membaca Sejak Usia Dini, Tentang Anak Luncurkan Buku Berjudul Terima Kasih dan Maaf

By Widyastuti, Rabu, 16 Desember 2020 | 08:03 WIB
Dukung Anak agar Gemar Membaca Sejak Usia Dini, Tentang Anak Luncurkan Buku Berjudul Terima Kasih dan Maaf ()

NOVA.id - Tentang Anak, sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak, yang diinisiasi oleh Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, meluncurkan dua buku pertama dari buku seri Sikap Baik berjudul “Terima Kasih” dan “Maaf” sebagai bagian dari buku-buku yang akan terbit kemudian.

Dua buku ini dikerjakan bersama oleh Dr. Mesty Ariotedjo Sp. A (Dokter Anak), Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl (praktisi anak usia dini), Reda Gaudiamo (penulis buku anak), dan Bellansori (Ilustrator).

Dalam peluncuran buku tersebut, terdapat sesi pembacaan buku bersama aktris Sandra Dewi dan juga bincang tentang anak bersama Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog, Principal Child Psychologist Tentang Anak.

Baca Juga: Duduk di Atas Mobil Mewah Bareng Anak Bungsunya, Pendapatan Krisdayanti Sebagai Anggota DPR RI Terungkap

Berdasarkan data World's Most Literate Nations (2016) oleh Central Connecticut State University, terdapat fakta yang memprihatinkan, yakni negara Indonesia menduduki peringkat kedua dari bawah, yakni posisi 60 dari total 61 negara terkait perilaku kegemaran membaca.

Data PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2018 juga menunjukkan hal yang tidak jauh berbeda, posisi Indonesia adalah peringkat 72 dari 77 negara, dengan skor rata-rata membaca di bawah skor rata-rata (371/488).

Fakta di atas merupakan salah satu alasan di mana buku penting dan perlu dikenalkan dari usia dini. Sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan AAP. Dalam 1.000 hari pertama kehidupan, 80% otak seorang anak sedang terbentuk.

Baca Juga: Mikhayla Curhat Tak Suka Lihat Nia Ramadhani Pulang Larut Malam, Istri Ardi Bakrie: Aku Nggak akan Berubah