Cermati Sahabat Nova, Begini Tanda Masker Kain Wajib Diganti

By Content Marketing, Rabu, 30 Desember 2020 | 21:40 WIB
Ilustrasi masker kain (freepik.com)

 

Nova.id – Selain masker medis, masker kain juga sering dipilih banyak orang ketika bepergian keluar rumah. Pasalnya, masker kain memiliki nilai pakai berulang di banding masker medis.

Di samping itu, perawatan masker kain pun tergolong mudah. Cukup rendam masker menggunakan cairan disinfektan untuk pakaian, kucek ringan, lalu jemur di bawah sinar matahari, masker siap untuk digunakan kembali.

Namun, layaknya bahan kain pada umumnya, berjalannya waktu dan seringnya pemakaian membuat masker kain perlahan mengalami perubahan dari segi tampilan maupun penggunaan.

Jika dipakai terus menerus, bukan tidak mungkin bahan yang menipis akan membuat daya tahan pemakaiannya menjadi berkurang, sekaligus tidak lagi efektif untuk menangkal virus corona. Lalu, apa saja tanda-tanda masker kain layak untuk diganti?

Baca Juga: Blak-blakan, Billie Eilish Akui Idap Sindrom Tourette Sejak Lama, Apa Itu?

Strap mulai aus

Dikutip dari Kompas.com, direktur merek The Laundress Hannah Yokoji mengatakan, kerusakan masker tidak selalu terdapat pada kain di bagian hidung dan mulut, tap juga di bagian lain seperti strap.

"Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tali pengikat yang menjaga masker tetap di tempatnya. Jika talinya longgar atau melar gantilah, karena jika masker tidak dipasang dengan benar ke wajah bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Mulai terasa tidak pas

Usia pemakaian yang cukup lama akan membuat ukuran masker menjadi kendur, terutama di bagian hidung dan mulut. Jika masker kain memiliki karet yang dapat diganti, lebih baik segera mengganti dengan karet baru atau mengganti masker kain dengan yang baru.

“Masker yang kamu gunakan harus pas di bawah dagu, di pipi dan di sekitar hidung. Seharusnya tidak ada celah sama sekali,” ucap Yokoji.

Baca Juga: Pacaran Hanya 1 Bulan, Imel Putri Cahyati Bongkar Penyebab Cerai dari Sirajuddin Mahmud: Berubahnya Langsung Banget