NOVA.id – Dalam masa pandemi ini, fakta menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat satu di Asia Tenggara sebagai pengguna e-commerce terbesar.
Data ini ditemukan oleh tim riset Bank DBS Indonesia dari survei pada lebih dari 500 responden di Pulau Jawa termasuk Jakarta dan sebagian kecil di luar Pulau Jawa.
Riset dengan judul Indonesia Consumption Basket beberapa waktu lalu dan menemukan bahwa pelanggan e-commerce di Indonesia naik menjadi 66% setelah pandemi yang merupakan dampak dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Baca Juga: Cara Pintar Atur Uang agar Bisa Hindari Kalap Belanja dan Latte Factor
Bahkan sejak tahun 2019 lalu, sebanyak 90% pengguna internet Indonesia telah melakukan pembelian di e-commerce.
Masih berdasarkan hasil survei yang sama, kegiatan belanja online naik sebanyak 14%, sedangkan belanja di pusat perbelanjaan turun secara signifikan mencapai 24% semenjak pandemi covid-19 menyerang Indonesia.
Sebelum pandemi, sebanyak 72% responden survei memilih belanja di toko dibandingkan online.
Baca Juga: 4 Tips Pintar Atur Uang agar Tak Boros Hadapi Promo Akhir Tahun