Tips Mengajari Anak agar Ingat untuk Lakukan Physical Distancing

By Sheila Respati, Senin, 4 Januari 2021 | 15:20 WIB
Ilustrasi mengajarkan anggota keluarga untuk mematuhi protokol kesehatan (Freepik)

NOVA.id - Memastikan anak menjalankan protokol kesehatan tidak semudah yang dibayangkan oleh para ibu.

Bagaimana tidak, orang dewasa saja seringkali lupa, terutama dalam  menerapkan physical distancing saat beraktivitas. Apalagi, anak-anak yang yang belum sepenuhnya memahami situasi pandemi.  

Namun, bukan jangan khawatir atau putus asa. Orangtua bisa melakukan berbagai cara untuk mengenalkan dan memberi pemahaman mengenai Covid-19 serta physical distancing.

Berikut beberapa kiat yang dikutip dari nytimes.com, Sabtu (13/6/2020).

1. Menceritakan dengan jujur dan gunakan bahasa yang sederhana

Psikolog klinis dari Harvard Medical School Jacqueline Sperling mengatakan, anak-anak memiliki imajinasi yang kuat dan dapat membayangkan hal-hal dengan cukup detail.

Oleh karena itu, ketika menjelaskan soal pandemi virus corona dan pentingnya physical distancing, sebaiknya katakan apa adanya. Jangan dilebih-lebihkan atau dibuat menakutkan. Gunakan pula bahasa dan istilah yang dimengerti anak-anak.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ini 5 Mitos Keliru Seputar Penggunaan Masker, Simak Fakta dan Penjelasannya

Kamu bisa mengatakan, kalau Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus baru. Saat ini belum ada obatnya, tapi bisa sembuh dengan perawatan dari dokter. Biar tidak tertular, sekarang tidak boleh dekat-dekat dulu dengan orang lain dan pakai masker kalau keluar rumah.

2. Gunakan buku cerita 

Cerita, seperti kisah dongeng, dapat membantu kamu menjelaskan konsep-konsep yang sulit dimengerti bagi anak-anak menjadi lebih mudah dipahami. Selain itu, cerita juga biasanya lebih menarik untuk anak-anak.

Saat ini sudah banyak buku cerita bergambar yang dapat menjadi sarana pembelajaran anak soal virus corona. Sahabat Nova bisa mengunduhnya dalam bentuk PDF karena rata-rata belum diterbitkan dalam bentuk buku fisik.