Tetap Waspada, Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul Pasca Banjir Datang

By Widyastuti, Sabtu, 20 Februari 2021 | 21:19 WIB
Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, terendam banjir hingga 2 meter, Sabtu (20/2/2021), akibat hujan deras yang mengguyur sejak dini hari. (KOMPAS.com/IHSANUDDIN)

NOVA.id - Setelah dilanda hujan dengan intensitas tinggi, beberapa wilayah di Jabodetabek kini mengalami banjir sejak pagi hari, Sabtu (20/02).

Bukan hanya menimbulkan kerugian fisik saja, banjir juga berpotensi menimbulkan penyakit.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) Adib Khumaidi mengatakan bahwa masyarakat perlu waspada atas potensi penyakit yang akan timbul akibat banjir.

Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang bisa timbul pasca banjir. Penyakit ini disebabkan oleh air banjir yang kotor yang bercampur dengan kotoran tikus dan sampah.

Baca Juga: Lama Menduda, Ariel NOAH Diramal Mbak You Justru akan Menikah di 2021: Pasangannya dari Kalangan Artis, Ada Inisial A

Ada juga penyakit diare dan demam tifoid yang disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman sembarangan serta kebersihan yang kurang higienis.

Penyakit ini bisa terjadi terutama karena selama banjir berlangsung, banyak tumpukan sampah dan kotoran bercampur ke dalam rumah dan menempel di tubuh.

Tumpukan sampah dan rongsokan di area yang lembab pasca banjir juga bisa menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Agepty.

 Baca Juga: Diketahui Miliki Penyakit Autoimun dan Sekarang Positif Covid-19, Keadaan Ashanty Kini Dibeberkan Sang Asisten: Sedang Dirawat Intensif di Rumah Sakit