Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM

By Presi, Selasa, 23 Februari 2021 | 10:11 WIB
Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM (istock)

NOVA.id - Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan bisnis yang kita jalani. Salah satunya adalah mengikuti atau menjadi anggota suatu komunitas.

Ya, komunitas memiliki peran besar untuk perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Melalui komunitas, kita bisa menambah wawasan tentang bisnis, memperluas relasi, berbagi informasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Pentingnya Peran Komunitas untuk Membangun Bisnis UMKM

Salah satu komunitas yang menawarkan deratan manfaat tersebut adalah SmartMums, komunitas kekinian yang berisi mama yang aktif sebagai blogger, influencer, dan mamagram.

Vibrie selaku salah satu pendiri komunitas SmartMums mengatakan bahwa para anggota SmartMums hampir semua memiliki bisnis masing-masing.

Untuk membantu mempromosikan bisnis para anggotanya, SmartMums membuat Mompreneurs yang berisi anggota komunitas pelaku usaha lokal.

Baca Juga: Tampil Cantik dan Berkelas Lewat Perhiasan Emas Lokal ILY Gold

"Kita secara periodik buka 30 UMKM dari anggota. Nanti kita akan listing barang jualannya apa."

"Nanti akan digilir untuk dipromosikan di Instagram masing-masing. Tidak ada biaya, tetapi minta dikirimkan produk untuk honest review," jelas Vibrie dalam Instagram Live Festival #PilihLokalAja yang diusung NOVA, Senin (22/02) malam.

Selain untuk membantu promosi produk, komunitas SmartMums juga sering membagikan edukasi seputar digital marketing yang tentu sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha.

Baca Juga: Brand Lokal di Balik Style Giorgino Abraham pada Sinetron Terbarunya

"Kami ada edukasi digital marketing. Ada beberapa member yang merupakan penulis atau fotografer di mana mereka mau ngajarin," ungkap Vibrie.

Vibrie mengatakan banyak member yang secara sukarela memberikan ilmu yang mereka miliki tentang digital marketing agar para pelaku usaha dalam komunitas tersebut bisa berkembang bersama-sama.

Bukan hanya itu, dengan banyaknya diskusi juga tak menutup kemungkinan para member bisa mendapat ide-ide bisnis yang baru.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Skincare untuk Anak dengan Bahan Alami

Selain itu, Vibrie mengatakan bahwa member komunitas juga diwajibkan untuk saling berbagi informasi tentang produk lokal yang dipakai.

Cara ini, menurut Vibrie, bisa membantu para pelaku UMKM, khususnya member komunitas yang punya usaha.

"Siapapun member yang butuh honest review, dia wajib untuk share ke grup. Jadi member saling berlomba untuk memberi informasi (tentang produk lokal)."

Baca Juga: Tips Pilih Produk Lokal Berkualitas di e-Commerce ala Febby Rastanty

"Kita melakukannya secara organik tanpa ada sponsor manapun sehingga bisa mendongkrak UMKM terutama yang digeluti sendiri oleh member grup (komunitas)," jelas Vibrie.

Untuk diketahui, bincang-bincang bersama Vibrie merupakan salah satu rangkaian acara dari movement yang dilakukan NOVA, yakni #PilihLokalAja.

Melalui movement #PilihLokalAja, NOVA ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal yang tak kalah kualitas dan ragamnya.

Baca Juga: NOVA Usung Movement Pilih Lokal Aja untuk Ajak Masyarakat Cinta Produk Dalam Negeri

 

 

Dengan mengusung movement #PilihLokalAja, sepanjang tahun 2021 NOVA akan mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat dan saling memberi dukungan kepada sesama pelaku usaha.

Sebagai dukungan kepada para pelaku usaha ini, NOVA juga akan memberikan edukasi kepada pelaku usaha UMKM, khususnya perempuan, agar dapat mengatasi berbagai kendala seperti masalah permodalan, pengelolaan keuangan, pemanfaatan teknologi untuk pemasaran, termasuk kiat memproteksi usahanya.

Movement #PilihLokalAja dirilis pada perayaan HUT NOVA ke-33, melalui penyelenggaraan kegiatan online di berbagai platform digital, yaitu Instagram, YouTube, Facebook, dan Radio Sonora FM, selama 3 hari, yaitu pada tanggal 22-25 Februari 2021.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Peduli Keindahan Alam, Limited Edition Citra Cantik Diluncurkan

Dengan segala kekuatan untuk saling mendukung, diharapkan pelaku usaha UMKM perempuan dapat makin percaya diri dalam memperkenalkan produknya, semakin baik dalam pengelolaan usahanya, sehingga bisa semakin mendorong masyarakat untuk selalu #PilihLokalAja.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)