NOVA.id - Banyak orang yang mencoba peruntungannya dalam berbisnis. Terlebih, di masa pandemi sekarang ini, banyak sektor industri yang terhambat.
Hal inilah yang membuat seseorang berani mencoba untuk berbisnis. Bahkan, banyak yang sudah mencoba membuka usaha, namun stuck di tengah jalan.
Selain saingan dan harus menemukan keunikan dari produk kita sendiri, strategi dalam marketing pun harus dipikirkan dengan matang.
Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Cara Mengajukan Pinjaman Modal untuk Mengembangkan Usaha
Mungkin memakai jasa selebgram atau influencer untuk memasarkan produk kita akan ampuh mendongkrak pembelian. Namun, budget yang tinggi juga jadi pertimbangan.
Bisakah produk kita dikenal masyarakat luas tanpa perlu selebgram atau influencer?
Jawabannya, bisa! Hal ini sudah dicoba oleh Peek.Me Naturals, lo!
Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Terinspirasi dari Drakor Reply 1988, THENBLANK Rilis Koleksi Terbaru The Pals
Arlin Chondro, founder dan CEO Peek.Me Naturals buka-bukaan mengenai strategi marketing yang ia pakai untuk menjalankan bisnisnya tanpa jasa selebgram.
Hal tersebut diungkapkannya di IG Live Festival #PilihLokalAja yang diadakan oleh NOVA pada Kamis, 25 Februari 2021.
Menurut Arlin, Peek.Me Naturals saat ini masih berkembang secara organik sehingga belum memakai jasa selebgram atau influencer.
Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: 1 Hal Penting yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha untuk Jalankan Bisnis
Ia mengungkapkan bahwa Peek.Me Naturals masih menggandeng partner atau brand ambassador yang sesuai dengan nilai value produknya.
"Selama ini kita belum pakai influencer karena kita masih pertumbuhannya secara organik. Ini kita juga lebih ke arah lebih ingin mengedukasi masyarakat."
"Jadi lebih banyak bekerjasamanya sama partner atau brand ambassador yang valuenya cocok dengan kita, misalnya yang cinta lingkungan atau aware dengan kesehatan," ungkap Arlin.
Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Kisah Mega Puspita Berhasil Bawa Studio Dapur Sampai New York
Arlin juga menceritakan bahwa Peek.Me Naturals banyak membuka seminar dan workshop, ada yang gratis maupun berbayar.
"Karena kita kan berfokus ke edukasi, jadi kita banyak seminar dan workshop. Ada beberapa jenis kelas kayak kalau misalkan yang free itu kita adain di IG Live dan kita juga suka ngadain sesi Closer to You di situ bisa ngobrol soal terapi dan lain-lain."
"Dan kalau yang berbayar biasanya workshop yang lebih mendalam baik tentang aromaterapi secara spesifik maupun yang DIY kayak membuat blend, membuat aromaterapi sendiri," ujar Arlin.
Tak cuma soal strategi pemasaran produk saja, Arlin juga membeberkan hal yang harus kita miliki saat ingin memulai bisnis.
"Kalau kita mau memulai bisnis itu yang penting satu kita harus melek angka. Biasanya banyak orang yang menghindari itu laporan keuangan, akunting."
"Meskipun kita nggak mengerjakan sendiri tapi kita harus tahu sebetulnya apa saja yang harus diperhatikan. Pengetahuan keuangan itu wajib banget, sih," tandas Arlin.
Peek.Me Naturals merupakan produk aromaterapi yang bergerak di bidang kesehatan. Berawal dari sang anak yang mempunyai masalah kesehatan, Arlin pun mencari cara untuk menyembuhkannya. Hingga akhirnya Arlin menggunakan produk aromaterapi.
"Produk kita itu adalah produk aromaterapi. Nah, aromaterapi adalah semua jenis terapi yang menggunakan minyak atsiri (minyak esensial) sebagai bahan," kata Arlin.
Sebagaimana diketahui, sekarang sudah makin banyak produk lokal yang terkenal di masyarakat.
Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM
NOVA sebagai media perempuan yang merupakan bagian dari Grid Network, dengan misi ingin menjadikan perempuan berani dan mandiri, membuat movement #PilihLokalAja di usianya yang ke-33 tahun ini.
Melalui movement #PilihLokalAja, NOVA ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal yang tak kalah kualitas dan ragamnya.
Movement ini merupakan bagian dari kampanye NOVA yaitu Pintar Atur Uang, yang sudah berjalan sejak akhir 2019.
Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Ini 3 Penyebab Utama yang Membuat Bisnis Kita Berhenti di Tengah Jalan
Dengan mengusung movement #PilihLokalAja, NOVA akan mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat dan saling memberi dukungan kepada sesama pelaku usaha.
Dengan segala kekuatan untuk saling mendukung, diharapkan pelaku usaha UMKM perempuan dapat makin percaya diri dalam memperkenalkan produknya, semakin baik dalam pengelolaan usahanya, sehingga bisa semakin mendorong masyarakat untuk selalu #PilihLokalAja.
Movement #PilihLokalAja akan dirilis pada perayaan HUT NOVA ke-33, melalui penyelenggaraan kegiatan online di berbagai platform digital, yaitu Instagram, YouTube, Facebook, dan Radio Sonora FM, selama 3 hari, yaitu pada tanggal 22-25 Februari 2021.
Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Skincare untuk Anak dengan Bahan Alami
Jangan sampai ketinggalan ya, Sahabat NOVA!
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)