7 Hal Buruk Ini akan Terjadi Jika Tubuh Kurang Makan Buah dan Sayur

By Presi, Rabu, 17 Maret 2021 | 09:15 WIB
(ilustrasi) 7 Hal Buruk Ini akan Terjadi Jika Tubuh Kurang Makan Buah dan Sayur (Claudiad)

NOVA.id - Buah dan sayur mengandung beberapa nutrisi paling penting untuk kesehatan kita.

Tetapi sebuah penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa hanya satu dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi tiga porsi sayuran dan dua porsi buah-buahan yang direkomendasikan.

Jadi apa yang bisa terjadi jika kita kurang makan buah dan sayur? Dilansir dari The Healthy, berikut ini 7 efek kurang makan buah dan sayur.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Masak Sayur Bayam yang Tepat agar Nutrisinya Tetap Terjaga

1. Menyebabkan masalah pencernaan

Tanpa buah dan sayuran, kita lebih rentan terhadap penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, dan divertikulosis.

“Buah dan sayuran mengandung selulosa, yang meningkatkan berat feses, memudahkan pengeluaran, dan mengurangi waktu transit,” jelas Laura Moore, RD, ahli diet yang terdaftar di University of Texas Health Science Center di Houston School of Public Health.

Selain itu, buah dan sayur mengandung serat yang menurut Moore bisa membantu meringankan atau mencegah sembelit, menstimulasi otot-otot saluran gastrointestinal sehingga bisa mempertahankan kekuatannya dan menahan tonjolan keluar ke dalam kantong yang disebut divertikula, dan mengurangi tekanan pada usus bagian bawah, yang pada akhirnya mencegah wasir.

Sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang disediakan buah-buahan dan sayuran, mengurangi risiko divertikulitis.

Baca Juga: Sering Keliru, Ini Perbedaan Gerd dan Sakit Maag yang Serang Bagian Pencernaan