Update Vaksinasi Covid-19, 23 Juta Orang di Indonesia Sudah Divaksin

By Dinni Kamilani, Selasa, 22 Juni 2021 | 21:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Dok. Shutterstock)

 

NOVA.id - Kementerian Kesehatan didukung oleh TNI, Polri, dan pemerintah daerah akan meningkatkan kecepatan penyuntikan menjadi 700 ribu/hari di bulan ini dan 1 juta/hari mulai bulan depan seiring dengan relaksasi batasan kriteria dan usia penerima vaksin diatas 18 tahun.
 
Melansir dari kemenkes.go.id, Selasa (22/06), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menyebut, saat ini masyarakat umum dengan usia 18 tahun ke atas di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sudah dapat divaksinasi lebih awal dari jadwal Juli.
 
Setelah sebelumnya pemerintah memprioritaskan vaksinasi Tahap 1 untuk tenaga kesehatan di bulan Januari hingga Februari.
 
Baca Juga: Sultan Sesungguhnya! Agnez Mo Dirikan Klinik Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyarakat Umum
 
Lalu Tahap 2 untuk penerima lanjut usia dan pekerja publik di bulan Maret hingga Juni, pemerintah akan membuka Tahap 3 untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas.
 
Seiring dengan pembukaan Tahap 3, cakupan dan kecepatan vaksinasi akan dapat ditingkatkan menjadi rata-rata 1 juta/hari.
 
"Pemerintah menargetkan vaksinasi untuk 181 juta penduduk untuk mencapai kekebalan kelompok. Saat ini lebih dari 23 juta penduduk atau 12.8% dari target, sudah mendapatkan vaksinasi pertama," kata Budi.
 
Baca Juga: Update Data Covid-19 di Indonesia Terbaru: Tembus Angka 2 Juta