NOVA.id - Pandemi membuat banyak pekerja harus melakukan WFH atau work from home.
Memindahkan ruang kerja dari kantor ke rumah tentu tidak mudah.
Mungkin juga Sahabat NOVA juga tidak merasa cocok dengan gaya bekerja ini.
Baca Juga: Pintar Atur Uang, Ini Beberapa Tanda Kita Sudah Siap Ajukan KPR
Ada beragam alasan, salah satunya mungkin karena merasa WFH lebih boros.
Nah, keborosan ini sebenarnya karena munculnya habit atau kebiasaan baru saat bekerja dari rumah.
Agar tetap bisa bekerja dengan produktif dan uang tetap hemat, yuk, simak tips berikut.
Baca Juga: 7 Cara Kelola Keuangan yang Tepat Bagi Generasi Milenial Saat Pandemi
1. Membuat budget untuk makanan
Kalau kita terbiasa makan di luar, selama WFH ini mungkin butuh penyesuaian.
Kebiasaan makan di luar mungkin sulit dihilangkan, tapi hal ini bisa diatur.
Sahabat NOVA bisa mengalihkan pengeluaran makan di luar untuk membuat masakan sendiri di rumah.
Tidak masalah kalau sesekali ingin membeli makanan dari luar, tetapi kita harus tetap memperhatikan budget, ya.
Baca Juga: Mulai Terbuka Pada Pasangan Soal Keuangan dengan Langkah Ini
2. Investasi Barang
Kebiasaan ngopi selama bekerja di kantor mungkin akan terbawa ketika pekerjaan dialihkan ke rumah.
Daripada kita menghabiskan banyak uang untuk ngopi, kita bisa menabung dan membeli peralatan kopi.
Mungkin kita bisa mencoba membeli grinder untuk membuat kopi di rumah.
Baca Juga: Rekomendasi Baju Rumahan Brand Lokal agar Tetap Cantik Saat WFH
3. Mengatur Budget
Mengelola keuangan menjadi hal yang penting.
Jika kita mengelolanya dengan baik, kita bisa kelepasan dan menjadi boros.
Untuk pasangan suami istri, bisa menitipkan uang yang disisihkan pada pasangan.
Besarnya nominal bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Sahabat NOVA, setelah mengetahui tips di atas kita jadi bisa mengelola keuangan dan bekerja dengan tetap produktif.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)