Beban Pekerjaan Semakin Berat Saat Pandemi? Lakukan 4 Tips Ini

By Widyastuti, Senin, 6 September 2021 | 09:02 WIB
Ilustrasi pegawai yang bekerja sistem WFH (istock)

NOVA.id - Selama pandemi Covid-19, banyak kantor yang menerapkan bekerja dari rumah alias work from home atau WFH.

Namun, tidak bisa dimungkiri juga bahwa bekerja dari rumah justru membuat tambah stres. Belum lagi jika target pekerjaan makin banyak.

Nah, tenang saja, melansir dari Kompas.com, berikut rangkuman beberapa tips bekerja saat tekanan dan target kerjaan makin banyak.

Sahabat NOVA bisa menerapkan ini untuk bekerja dari rumah agar bisa membagi waktu dengan bijak. Toh, hidupmu bukan soal bekerja saja, bukan?

Pasalnya, meski bekerja dari rumah, orang yang paling bisa kita andalkan untuk membuat kerja menjadi efektif adalah diri sendiri.

Lantas, tips bekerja apa saja yang bisa kita terapkan untuk bekerja efektif dari rumah?

Baca Juga: Blak-blakan, Ivan Gunawan Ceritakan Pengalaman Dietnya Berhasil Turun Belasan Kilogram

1. Menjauh dari lingkungan toksik

Jika kamu sudah tertekan dengan setumpuk deadline pekerjaan dan target, lalu ditambah dengan lingkungan kerja yang toksik, kamu pasti makin stres.

Meski secara fisik kalian berjauhan karena berada di rumah masing-masing selama bekerja dari rumah ini, lingkungan toksik tetap bisa terasa, misal lewat WhatsApp.

Daripada kamu emosi jiwa, lebih baik menjauh sejenak dari lingkungan kerja yang seperti itu.

Bahkan jika kamu bekerja dari kantor, menghindar dapat membuatmu kembali fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Baca Juga: Payudara Nyeri Saat Menyusui dan Berhubungan Intim Pasca Melahirkan, Ini Alasannya

2. Selesaikan satu per satu

Jika Sahabat NOVA sedang dikejar banyak target dan deadline pekerjaan, ingatlah bahwa tidak semuanya harus diselesaikan dalam satu waktu.

Fokus pada pekerjaan maupun target yang sudah mepet waktunya. Selesaikan satu per satu berdasarkan prioritasnya.

Maka itu, penting untuk selalu membuat dan menyusun prioritas sebelum memulai kerja. Sehingga tidak bingung harus mengerjakan mana lebih dulu.

Begitu selesai prioritas utama, kerjakan prioritas kedua, dan seterusnya. Dengan cara ini, kita tidak kelabakan dan pusing sendiri. Stres pun bisa berkurang.

Akhirnya karena fokus, kamu dapat merampungkan semua pekerjaan dan target tersebut dalam waktu tidak terlalu lama.

Baca Juga: Bangga! Atlet Perempuan Indonesia Ini Berikan Tiga Medali Cabang Bulutangkis di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

3. Cari suasana baru saat bekerja

Bekerja di satu tempat selama delapan jam atau bahkan lebih kadang bikin jenuh dan bosan.

Bukannya selesai pekerjaan, Sahabat NOVA malah merasa suntuk dan pekerjaan jadi terbengkalai. Maka itu, tampaknya kamu butuh suasana baru.

Selama bekerja dari rumah, tak ada salahnya jika coba untuk berpindah tempat di beberapa ruangan agar suasananya berbeda.

Barangkali itu akan menjadi mood booster dalam menyelesaikan target pekerjaan.

Jika pikiranmu kembali segar, otak juga dapat bekerja dengan maksimal. Pekerjaan selesai, target tercapai. Namun ingat, cara ini butuh komitmen.

Baca Juga: Indonesian Television Awards 2021 Digelar, Raffi Ahmad Masuk Nominasi

 

4. Ambil jatah cuti

Sebagai seorang pekerja, Sahabat NOVA pasti memiliki jatah cuti tahunan. Maka, manfaatkanlah di sela-sela kesibukanmu.

Bahkan boleh saja ambil cuti agak panjang, seperti seminggu, untuk melepas penat dari rutinitas kerja.

Namun, usahakan saat mengambil cuti yang sudah menjadi hakmu ini, kamu sudah menuntaskan target pekerjaan yang deadline jangka pendek.

Dengan demikian, cuti tidak meninggalkan pekerjaan utama dan terkesan lari dari masalah, ya! (*)

Artikel ini telah tayang di Parapuan.co dengan judul Ini 4 Tips Bekerja saat Tekanan dan Target Pekerjaan Makin Banyak

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)