NOVA.id - Kita mungkin berpikir, membeli barang branded hanyalah kegiatan yang cuma membuang-buang uang demi gengsi.
Perencana keuangan Finansialku, Rista Zwestika R, S.Sos., AWP, CFP® mengatakan, barang branded atau barang mewah memang digunakan untuk membuat seseorang dianggap memiliki harga diri yang lebih baik.
Namun, jauh dari sekadar itu, barang branded bisa kita jadikan sebagai cara investasi yang menarik, lo!
Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Cara Sukses Investasi ala Warren Buffett
Barang-barang dengan merek ternama itu bisa kita jadikan investasi karena memiliki nilai yang tinggi.
Dikutip dari Kompas.com, menurut Rista, ada beberapa faktor yang memengaruhi nilai barang branded bisa cukup tinggi.
Yuk, cari tahu di sini agar Sahabat NOVA semakin pintar atur uang!
Baca Juga: Cara Aman Investasi di Pasar Modal Saat Pandemi ala Lo Kheng Hong
1. Produk terbatas
Pada umumnya, barang branded dikeluarkan dalam jumlah sedikit dan bahkan bisa berbeda di setiap negara.
Sehingga, tak sedikit orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan barang branded tersebut.
Baca Juga: Tas Branded Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang, Simak 3 Caranya!
2. Kualitas produk yang baik
Pembuatan barang branded biasanya menggunakan bahan yang berkualitas terbaik.
Selain itu, desain dari barang-barang tersebut tentunya akan menambah nilai estetika.
Bahkan desainer di baliknya juga bisa mempengaruhi nilai dari barang tersebut, apalagi jika desainer itu tokoh terkenal.
Baca Juga: Pintar Atur Uang, Ini Tips Memilih Tas Branded Untuk Investasi Masa Depan
3. Jumlah peminat
Barang branded tentunya diminati oleh banyak orang.
Semakin banyak peminat akan brand atau merek tertentu, bisa dipastikan bahwa sebagai pembeli akan loyal untuk memiliki barang dari brand atau merek tersebut.
Rista juga menjelaskan bahwa jika ingin mendapatkan untung, kita juga harus melihat nilai tumbuh dari sebuah merek barang yang akan diinvestasikan.
Baca Juga: Rekomendasi Pakaian Anak, Kualitas Tak Kalah dengan Produk Branded!
“Terus melihat nilai bertumbuh dari barang tersebut (growth rate). Tidak ada hitungan khusus untuk itu, asalkan barang branded/merek yang diplih memenuhi faktor-faktor sebelumnya,” ucap Rista.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)