Perempuan Wajib Tahu, 3 Jenis Pemeriksaan Kesuburan untuk Kesehatan

By Septirini Sekar Nusantari, Selasa, 28 September 2021 | 19:31 WIB
Jaga kebesihan area sekitar alat reproduksi, sebab banyak masalah kesehatan yang bisa hinggap seperti penyakit kulit bisul. (iStock)

 

NOVA.id - Selain merawat diri dan menjaga penampilan tetap menarik, menjaga kesehatan reproduksi juga jadi hal penting bagi wanita. 

Pemeriksaan kesehatan reproduksi pun jadi hal yang jarang dilakukan karena minimnya pengetahuan. 

Nah, sebenarnya ketika perempuan ingin memeriksakan kesehatan reproduksinya ada 3 jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan. 

Baca Juga: Bahaya Tidur Tanpa Bra, Benarkah Bisa Bikin Payudara Kendur?

Sebagaimana kita ketahui, sistem reproduksi menjadi bagian tubuh yang berguna untuk mendapatkan keturunan.

Untuk bisa mendapatkan kehamilan tentu saja membutuhkan organ reproduksi yang dapat berfungsi normal tanpa adanya gangguan kesehatan seksual dan reproduksi perempuan.

Oleh karena itu, setiap mereka yang sedang merencanakan kehamilan disaranakan untuk melakukan pemeriksaan terkait kesehatan reproduksi.

Baca Juga: Mengenal Infertilitas Sekunder, Penyebab Perempuan Tak Kunjung Hamil

Pasalnya, tak sedikit perempuan yang mengeluhkan bahwa sudah melakukan berbagai cara program kehamilan namun tak juga diberikan.

Jika hal tersebut terus terjadi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan, karena dikhawatirkan terdapat gangguan kesehatan organ kewanitaan.

Melansir laman WebMD, saat konsultasi dengan dokter, kemungkinan mereka akan menanyakan mengenai kondisi kesehatan serta gaya hidup yang dijalani kamu dan pasangan, seperti:

- Riwayat medis, termasuk kondisi atau operasi jangka panjang