Dalam Melakukan Investasi, Hindari 5 Kesalahan Ini agar Tidak Jatuh Miskin

By Widyastuti, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 23:49 WIB
Tinggal Satu Hati Lagi Ikutan Investasi ORI, Lebih Untung, Lebih Aman! (Istock )

NOVA.id - Investasi merupakan salah satu cara pintar atur uang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tentu saja, setiap orang yang berinvestasi pasti ingin mendapatkan untung. Namun, investasi pasti memiliki risiko dan terkadang harus mengalami kerugian karena beberapa faktor eksternal maupun internal.

Salah satu yang membuat investor rugi adalah akibat kesalahan yang dilakukannya. Bila tidak dihindari, kesalahan-kesalahan tersebut justru dapat memiskinkan investor.

Berikut ini beberapa kesalahan investasi yang seharusnya tidak dilakukan atau harus dihindari investor kalau mau untung, seperti dikutip Kompas.com dari Cermati.com.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Murah di Sekitar Ragunan Jakarta

1. Maunya untung cepat dan instan

Investasi atau kegiatan penanaman modal akan memberi keuntungan maksimal bila dilakukan dalam jangka panjang, lebih dari 5 tahun. Sayangnya banyak investor, terutama yang baru nyemplung investasi, tidak sabaran.

Maunya untung cepat dan instan, sehingga investasi dilakukan dalam jangka pendek. Biasanya hanya setahun, bahkan ada yang kurang dari itu.

Biasanya investasi jangka pendek, risikonya cenderung lebih besar ketimbang jangka panjang. Imbal hasil investasi rentan tergerus inflasi, karena nilainya bisa lebih rendah atau sama dengan tingkat inflasi tahunan.

Sementara investor dapat memperoleh imbal hasil yang lebih tinggi dari inflasi bila investasi dilakukan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Blak-blakan, Zaskia Gotik Ungkap Kondisi Rumah Tangganya yang DIkabarkan Retak