Bali Jagadhita Culture Week 2021 Dorong UMKM Tembus Pasar Global

By Dinni Kamilani, Rabu, 6 Oktober 2021 | 05:00 WIB
Bali Jagadhita Culture Week 2021 Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata Bali ( Foto: Bank Indonesia)

NOVA.id - Sejak tahun 2016, Bank Indonesia menyelenggarakan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Tujuaannya, mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di daerah dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif secara berkelanjutan melalui program Pengembangan UMKM Unggulan yang diimplementasikan oleh 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Program Pengembangan UMKM Unggulan Bank Indonesia berbasis pada potensi lokal, berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital (antara lain melalui sistem pembayaran berbasis digital yaitu QRIS sehingga mempermudah UMKM untuk bertransformasi dalam ekosistem digital).

Baca Juga: Profil UMKM Ummu Balqis Frozen, Baru 1,5 Tahun Sudah Punya 50 Cabang

Untuk memperoleh akses pasar lebih luas dan menembus pasar internasional. Pengembangan UMKM difokuskan pada ragam komoditas potensial ekspor dan pendukung pariwisata seperti kain, kerajinan, kopi, dan makanan minuman olahan.

Kegiatan KKI mendorong dan memfasilitasi pengembangan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia secara berkelanjutan dan terintegrasi, meliputi pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, workshop, business matching dan business coaching untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga mampu menembus pasar global.

Dalam rangkaian kegiatan KKI seri II tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI Prov. Bali) akan melaksanakan kegiatan bertajuk “Bali Jagadhita Culture Week” pada tanggal 4-6 Oktober 2021 bertempat di Dharma Negara Alaya Denpasar.  

Baca Juga: Launching di Hari Tani, Dari Bumi Hadirkan Hasil Alam Berkualitas