Survei Terbaru Ungkap Cara Generasi Milenial Hadapi Pandemi Covid-19

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 14 Oktober 2021 | 05:30 WIB
Generasi Milenial Saat Pandemi Covid-19 (istock)

NOVA.id – Bekerjasama dengan Rumah Millenials, Youth Laboratory Indonesia melakukan survei yang bertajuk Shifting Career Aspiration and Anxiety During the Covid-19 Pandemic.

Pemaparan hasil survei ini dilakukan lewat kegiatan webinar dengan judul Webinar Survey Presentation on Gen Y & Z yang diselenggarakan pada Sabtu, (09/10) pukul 14.00-16.00 WIB melalui platform zoom.

Dilaksanakan pada akhir tahun 2020 hingga awal 2021, survei ini melibatkan 1036 partisipan dari berbagai kota di Indonesia seperti Aceh, Bali, Banten, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Yogyakarta, Tangerang, Lampung, Makassar, Maluku, NTB, Jambi, Riau, Medan, Bandung, Bangka Belitung dan berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, serta Sumatera Utara dan Barat.

Baca Juga: Asuransi, Cara Investasi yang Penting untuk Generasi Milenial

Survei ini dilakukan oleh Dr. Muhammad Faisal, peneliti, penulis buku, dosen dan Direktur Eksekutif dari Youth Laboratory Indonesia dan Taufan T. Akbari, Ph.D seorang pegiat kepemudaan, dosen, aktivis komunitas, kepemimpinan dan pendiri dari Rumah Millennials.

Generasi muda (16-30 tahun) merupakan segmen populasi yang saat ini memiliki peran paling penting bagi masa depan Indonesia.

Hasil sensus dari BPS yang dirilis pada awal tahun 2021 menunjukkan bahwa jumlah pemuda-pemudi di Indonesia berada di atas 50 persen dari seluruh populasi.

Indonesia tengah mengalami fenomena bonus demografi, yaitu tren kependudukan di mana usia produktif melampaui usia non-produktif, hingga tahun 2035.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Milenial Mesti Melek Investasi Dana Pensiun