Mulai Belajar Tatap Muka, Ini Trik Mencuci Seragam Agar Tetap Bersih dan Kinclong

By Yussy Maulia, Selasa, 30 November 2021 | 16:33 WIB
Ilustrasi mencuci seragam sekolah. (Dok. Shutterstock)

Nova.id – Menyiapkan seragam menjadi salah satu rutinitas wajib di tengah penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas seperti sekarang. Seragam yang rapi, bersih, dan wangi dapat menambah kepercayaan diri anak saat beraktivitas di sekolah.

Namun, di tengah situasi pandemi, urusan mencuci seragam bisa menjadi tantangan tersendiri.

Sepulang sekolah, seragam yang dikenakan anak harus segera dicuci guna membersihkan kotoran, bakteri, dan virus pembawa penyakit yang kemungkinan menempel pada serat kain. Hal ini kerap menimbulkan kekhawatiran karena terlalu sering mencuci seragam dapat merusak kualitasnya.

Pada seragam berwarna putih, misalnya, warnanya perlahan akan tampak pudar, bahkan bisa menguning. Sementara itu, pada seragam olahraga yang biasa terbuat dari kain polyester, serat kain perlahan akan menipis sehingga baju tampak lusuh.

Baca Juga: Utamakan Keamanan Siswa, Fasilitas Cuci Tangan Jadi Salah Satu Syarat Dibukanya Sekolah Kembali

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, Sahabat Nova perlu lebih berhati-hati dalam mencuci seragam. Ada beberapa tips mencuci sederhana yang dapat Sahabat Nova lakukan agar seragam tetap bersih dan kinclong tanpa merusak kualitasnya.

Yuk, simak penjelasan berikut.

Pisahkan dengan pakaian lain

Mencuci seragam sebaiknya dilakukan secara terpisah dengan pakaian lain. Terlebih, jika seragam tersebut sudah digunakan untuk beraktivitas di luar rumah. Hal itu dilakukan agar kotoran, bakteri, dan virus yang kemungkinan menempel pada serat kain di seragam tidak mengkontaminasi pakaian lain.

Selain itu, memisahkan seragam dari pakaian lain juga dapat mencegah kelunturan dari warna pakaian lain, terutama kalau seragam berwarna putih atau warna terang lainnya. Sebab, noda luntur yang terlanjur mengenai seragam akan lebih sulit dihilangkan. 

Baca Juga: Jadi Ibu Cerdas Siap Jaga Kesehatan Anak Jelang Sekolah Tatap Muka, Begini Caranya

Cuci pakai tangan