Hadir di JFW 2022, Bateeq Tampilkan Karya Hasil Pekerja Lansia di Klaten dalam Jejak Melestarikan Budaya Indonesia

By Widyastuti, Jumat, 3 Desember 2021 | 10:31 WIB
Tampil di JFW 2022, Bateeq Tampilkan Karya Hasil Pekerja Lansia di Klaten dalam Jejak Melestarikan Budaya Indonesia (Dok. JFW)

NOVA.id - Berawal dari koleksi Tinari yang diluncurkan pada bulan Agustus 2021 kemarin, November ini bateeq meluncurkan koleksi kedua dari tema “Nostalgia” dengan nama Danadyaksa.

Koleksi ini akan ditampilkan secara ekslusif dalam acara Jakarta Fashion Week 2022, pada tanggal 27 November 2021 dan bisa didapatkan di Fashion Link, Senayan City.

Dalam Bahasa Sansekerta, Danadyaksa disebut sebagai penjaga kejayaan. Menyambungkan arti dari motif kawung yang diangkat, yaitu dalam filosofi jawa mencerminkan satu titik pusat kekuatan dan kekuasaan di dalam alam semesta dan juga manusia.

Baca Juga: Berita Terpopuler: Harga Tiket Konser BTS Permission Dance on Stage LA hingga 5 Tips Membersihkan Kutu Putuh di Tanaman

Motif Kawung dalam koleksi ini tidak seperti Kawung pada umumnya, namun didistorsikan menjadi lebih panjang dari bentuk biasanya.

Danadyaksa diaplikasikan dengan nuansa retro dalam motif batik dan dikemas dengan gaya sartorial dan sentuhan preppy. Tekstur batik Kawung pada kain Jacquard dihadirkan dalam 2 (dua) warna; biru tua dan krem.

Daya tarik utama dalam keseluruhan koleksi ini ada pada detail layer dan kerah yang dapat difungsikan menjadi pita atau scarf dengan siluet yang loose. Terdiri dari 16 (enam belas) look, 10 (sepuluh) untuk koleksi wanita dan 6 (enam) koleksi pria.

Baca Juga: Beda dengan Bu Broto, Maudy Koesnaedi Berikan Ruang Diskusi untuk Anak