Usai Pulang dari Luar Negeri, Warga Jakarta Dinyatakan Terpapar Omicron Setelah Tes Covid-19, Kemenkes Masih Bantah: Belum Terdeteksi

By Widyastuti, Rabu, 8 Desember 2021 | 15:58 WIB
Ilustrasi varian Omicron (undefined undefined)

NOVA.id - Kabar terbaru datang dari berita seputar virus corona varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mengatakan, empat warga ber-KTP Jakarta dinyatakan terpapar virus corona varian Omicron berdasarkan hasil tes Covid-19 di wilayahnya.

Sri berujar, keempat orang tersebut menjalani tes Covid-19 di laboratorium swasta, yakni Laboratorium Farmalab Cikarang, Kabupaten Bekasi. Sri menegaskan bahwa keempat orang tersebut bukan warga ber-KTP Kabupaten Bekasi meskipun menjalani tes Covid-19 di wilayahnya.

Baca Juga: Nikmati Liburan Akhir Tahun di Rumah Saja Bersama Keluarga dengan Menu Fiesta Premium Sausage yang Lezat dan Mudah Diolah!

"Empat orang warga yang terpapar virus Omicron itu bukan warga Kabupaten Bekasi, tetapi warga DKI Jakarta," ujar Sri dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021) dilansir dari Kompas.com.

Sri mengatakan, keempat orang yang terpapar Omicron itu telah bepergian ke luar negeri. "Empat orang warga yang terpapar virus Omicron itu diketahui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri," kata dia.

Meski orang yang terpapar Omicron bukan warga Kabupaten Bekasi, Sri meminta jajarannya mewaspadai penyebaran virus corona varian baru tersebut, karena virus tersebut terdeteksi berdasarkan hasil tes Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

"Pemkab harus waspada terhadap warga yang baru datang dari luar negeri. Apalagi warga Jabar, di mana pergerakannya dari luar negeri cukup banyak," ujarnya.

Sri juga meminta para camat di Kabupaten Bekasi berperan aktif mengawasi warga, terutama warga yang baru datang dari luar negeri. Hal tersebut perlu dilakukan lantaran penyebaran varian Omicron lebih cepat dibanding virus corona varian lainnya.

Meski begitu, belum ada laporan mengenai tingkat kematian akibat terpapar Omicron. Berdasarkan pernyataan organisasi kesehatan dunia atau WHO, kata Sri, paparan Omicron bisa dicegah salah satunya dengan vaksinasi Covid-19. "Vaksin Covid-19 masih harus tetap dilakukan," kata Sri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya, Pasti Ampuh!