Ragam Persiapan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Punya Anak, Mulai dari Biaya hingga Lokasi Bersalin

By Fathia Yasmine, Senin, 20 Desember 2021 | 18:14 WIB
Ilustrasi kehamilan (Dok. Shutterstock)

Nova.id – Setelah menikah, umumnya setiap pasangan akan mempersiapkan diri untuk memiliki momongan. Selain sebagai penerus, kehadiran seorang anak juga dapat melengkapi sebuah keluarga.  

Meski begitu, menyambut kehadiran sang buah hati juga perlu banyak persiapan. Apalagi jika saat ini Sahabat NOVA sudah mengikuti program kehamilan (promil).

Selain harus mempersiapkan fisik dan mental, Sahabat NOVA dan pasangan juga perlu menyisihkan dana untuk menjalani fase sebelum, selama, dan sesudah kehamilan. Tujuannya, agar ketiga fase tersebut bisa dijalani dengan tenang dan lancar.

Ada beberapa daftar yang perlu Sahabat NOVA buat sejak awal, misalnya biaya pemeriksaan berkala ke dokter, USG, daftar asupan nutrisi saat hamil, baju khusus ibu hamil, biaya persalinan, hingga dana untuk perlengkapan sang buah hati ketika lahir nanti.

Baca Juga: Senggol Teman dan Keluarganya, V BTS Berencana Ajukan Gugatan ke Seorang YouTuber

Dari semua daftar tersebut, persalinan menjadi salah satu fase yang mengeluarkan biaya cukup besar. Dilansir dari pemberitaan Nakita, Rabu (7/10/2020), biaya persalinan normal yang dilakukan oleh dokter berada di kisaran Rp 800.000.

Persalinan dengan tindakan darurat di puskesmas, biayanya bisa mencapai Rp 950.000. Sementara untuk bersalin di rumah sakit, Sahabat NOVA harus mempersiapkan dana mulai dari Rp 1,7 juta hingga Rp 8 juta, bergantung pada rumah sakit yang dikunjungi.

Biaya persalinan pun bisa ikut menanjak apabila Sahabat NOVA ingin menggunakan fasilitas lain, misalnya kamar VVIP atau metode persalinan Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) yang biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk menyiasati banyaknya dana yang diperlukan, Sahabat NOVA bisa mulai menabung sejak dini. Misalnya dengan menyisihkan uang nominal kecil setiap hari atau menargetkan jumlah tabungan setiap minggunya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kado Natal untuk Teman dan Keluarga, Unik dan Simpel!

Selain itu, Sahabat NOVA juga bisa mempertimbangkan solusi lain untuk persalinan. Misalnya dengan bersalin di klinik bidan. Masih dilansir dari Nakita, biaya persalinan normal di klinik bidan berada di angka yang lebih rendah, yakni Rp 700.000.

Sebagai tenaga kesehatan terlatih, melakukan persalinan di klinik bidan atau dibantu bidan memiliki beberapa keunggulan. Utamanya dalam hal pendampingan sebelum dan sesudah persalinan.