Faktor Ekonomi Jadi Penyebab Perceraian Terbanyak di Indonesia, OJK Luncurkan Buku Saku Literasi Keuangan untuk Calon Pengantin

By Alsabrina, Rabu, 22 Desember 2021 | 15:48 WIB
(Ilustrasi) Otoritas Jasa Keluarga (OJK) meluncurkan buku saku literasi keuangan untuk calon pengantin (iStockphoto)

NOVA.id - Seperti yang kita ketahui, salah satu aspek yang harus diperhatikan sebelum menikah adalah soal finansial.

Ya, keuangan menjadi hal penting yang harus dibicarakan dengan pasangan. Bahkan, faktor ekonomi menjadi penyebab perceraian terbanyak di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.

Baca Juga: Rayakan Bulan Inklusi Keuangan 2021, Allianz Beri Edukasi Tentang Pentingnya Literasi Keuangan untuk Perencanaan Bisnis

Atas dasar hal tersebut dan dalam rangka memperkuat literasi keuangan untuk menjaga ketahanan keluarga, Otoritas Jasa Keluarga (OJK) meluncurkan buku saku literasi keuangan untuk calon pengantin.

Menurut Tirta, keluarga termasuk vital dalam menjaga stabilitas sistem keuangan nasional. Bukan hanya itu, ia juga menilai orangtua yang memiliki literasi keuangan memadai diharapkan bisa menularkan hal tersebut pada anak-anak, mengingat edukasi keuangan anak-anak diawali dari orang tua.

“Keluarga merupakan satu pilar perekonomian, di mana kesehatan keuangan keluarga akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan keuangan negara secara keseluruhan,” ujar Tirta dalam Peluncuran Infrastruktur Keuangan, Senin (20/12).

Baca Juga: Pentingnya Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia