Sambut Kehadiran Buah Hati, Banyak Pasangan Muda Kurang Persiapan Mental hingga Finansial

By Content Marketing, Kamis, 30 Desember 2021 | 10:45 WIB
Ilustrasi dana persalinan dan anak (Dok. Shutterstock)

Nova.id – Setelah menikah, banyak pasangan yang mulai mempertimbangkan untuk segera memiliki momongan. Kehadiran buah hati disambut dengan kebahagiaan. Sebab, buah hati akan menambah lengkap keluarga.

Untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati, umumnya setiap pasangan akan merencanakan berbagai hal. Sejumlah persiapan dilakukan sebelum, selama, hingga sesudah kehamilan. Dengan perencanaan yang matang, diharapkan sang buah hati bisa tetap sehat hingga hadir di dunia.

Meski begitu, mempersiapkan berbagai hal sebelum kehamilan juga tidak lepas dari berbagai tantangan, terutama bagi pasangan baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Bidan Novelita Damanik dalam webinar bertajuk “Persalinan Nyaman, Keuangan Keluarga Aman” yang diselenggarakan Allianz Indonesia bersama Nova.id pada Rabu (22/12/2021) melalui aplikasi Zoom.

Baca Juga: Berita Terpopuler: 5 Zodiak Paling Beruntung di Tahun 2022 hingga Cara Menghilangkan Karang Gigi Pakai Garam Dapur

Bidan yang akrab disapa Novel ini mengatakan, tantangan tersebut mulai dari kurangnya edukasi tentang kesehatan calon ibu dan bayi, kesehatan mental, hingga kesalahan perencanaan keuangan.

Menurutnya, masih banyak pasangan muda yang mengabaikan pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan. Selain itu, pada masa kehamilan, masih banyak pasangan yang tidak rutin memeriksakan kondisi janin.

Akibatnya, ibu tidak memahami kondisi dan kesiapan fisiknya untuk hamil. Kondisi janin yang dikandung pun tidak terkontrol.  

“Ketika datang ke fasilitas kesehatan (faskes), seringkali para calon ibu bingung ketika ditanya bagaimana kondisi kesehatan mereka. Bahkan ada yang mengaku belum pernah konsultasi kesehatan sebelum hamil sampai cuma ultrasonografi (USG),” tuturnya.

Baca Juga: Ramal Kisah Cinta Luna Maya di Tahun 2022, Beby Djenar: Tampaknya Sudah Waktunya

Kurangnya pengetahuan seputar kehamilan juga memengaruhi kesehatan mental ibu. Banyak calon ibu mudah memercayai informasi di media sosial yang belum tentu benar.

Tak hanya itu, para calon ibu juga menggali informasi berdasarkan testimoni atau pengalaman mengandung ibu lainnya. Padahal, tidak semua ibu memiliki kondisi fisik dan kehamilan yang sama.