Mengupas Tuntas Lebih dalam Mengenai Kanker hingga Penyebabnya Menurut Dokter

By Widyastuti, Senin, 21 Februari 2022 | 21:03 WIB
Mengupas Tuntas Lebih dalam Mengenai Kanker hingga Penyebabnya Menurut Dokter (iStockphoto)

NOVA.id - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) bekerjasama dengan Indonesia Cancer Care Community (ICCC), menyelenggarakan serangkaian kegiatan World Cancer Day.

Tujuannya, memberikan dukungan kepada pasien dan survivor kanker, termasuk deteksi dini, konsultasi kesehatan, serta self healing mandiri untuk pasien kanker dan pendamping.

“Kalbe melakukan rangkaian kegiatan yang melibatkan 29 rumah sakit cancer center, baik swasta maupun pemerintah di 19 kota besar di Indonesia. Kalbe juga menghadirkan layanan ekosistemOne Onco, yang memberikan solusi komprehensif bagi kebutuhan pejuang kanker di Indonesia, termasuk deteksi dini, konsultasi online, serta nutrisi untuk pejuang kanker,” kata Marketing Deputy Director One Onco Kalbe Farma, dr. Selvinna, M.Biomed.

Aspek self healing merupakan hal yang penting karena dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus pasien kanker yang meninggal di seluruh dunia.

Berdasarkan data International Agency for Research on Cancer di Globocan 2020, terdapat 19,3 juta kasus kanker di dunia dan 9,9 juta kasus pasien kanker meninggal setiap tahunnya.

Sehingga, membuat penderita kanker merasakan serangkaian emosi, mulai dari marah, putus asa, hingga depresi, yang juga dapat memengaruhi nafsu makan.

“Salah satu kunci sukses terapi adalah pasien itu memiliki kesiapan nutrisi yang baik. Sebab, pada saat terjadi malnutrisi, terapi menjadi terhambat karena tubuh pasien tidak dapat menerima paparan terapi yang diberikan. Bahkan, terapi harus dihentikan,” ujar Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K.

“Kalau kondisi gizi buruk, tubuh pasien tidak dapat menahan efek samping yang terjadi. Kedua, malnutrisi meningkatkan komplikasi lain, misalnya infeksi, yang berisiko menurunkan kualitas hidup pasien atau lama rawat menjadi lebih panjang dan biaya perawatan lebih mahal,” tambahnya.

Salah satu penyebab terjadinya malnutrisi pada pasien kanker ialah berdasarkan jenis kankernya.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu, 5 Brush Ini Wajib Dimiliki agar Makeup Menawan

Pasien kanker nasofaring dan kanker saluran cerna memiliki risiko tinggi mengalami malnutrisi. Selain itu, semakin tinggi stadium kanker, maka risiko malnutrisinya juga semakin besar.

Dampak dari sitokin juga berpengaruh terhadap malnutrisi. Sebab, sitokin secara umum menyebabkan tubuh pasien kanker membutuhkan kebutuhan makan yang lebih banyak, tapi di sisi lain turut menghambat nafsu makan.