Indonesia Modest Fashion Day Perdana Melenggang di Dubai Expo 2020

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 17 Maret 2022 | 15:01 WIB
Koleksi Batik Chic di ajang Dubai Expo 2020 dalam gelaran Indonesia Modest Fashion Day. (DOK. Dubai Expo 2020)

NOVA.id – Dunia fesyen Indonesia kini tengah bersinar di kancah Internasional.

Setelah akhir Februari 2022 lalu, dua brand asal Indonesia mendapat undangan resmi di ajang Paris Fashion week 2022, kali ini 18 desainer diboyong ke Dubai untuk menampilkan karya terbaiknya.

Iya, desainer asal Indonesia ini diajak untuk tampil di ajang Dubai Expo 2020 dalam gelaran Indonesia Modest Fashion Day, pada 13 Maret 2022 lalu. 

Bertajuk Artisanal Touch of Modest Fashion, fashion show ini menampilkan womenswear dan menswear dari berbagai penjuru Indonesia seperti Wearing Klamby dan Itang Yunasz.

Ada juga para anggota IKRA atau Industri Kreatif Syariah Indonesia seperti Tethuna, Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, Ija Kroeng, Fatih Indonesia, Bermock, Tenun Gaya by Wignyo, Lamops, Rorokenes Indonesia, Pala Nusantara, dan Batik Chic.

Hadir pula Dulce by Safiya (UEA) dan Nuna Atelier (UEA), serta lima 5 brand yang diikut serta untuk melangsungkan exhibition yaitu Anggia Syari, Sanet Sabintang, Ina Priyono, Gi Scarf by Tuty Adib dan Charlie Bravo.

Meski demikian, tak hanya desainer Indonesia, ada pula dua desainer lokal Dubai yang turut bergabung di helatan fesyen akbar yang digelar di Paviliun Indonesia, Dubai.

Bukan tanpa alasan, event yang merupakan bagian dari Bank Indonesia Special Week at Expo 2020 dan Road to G20 Presidency of Indonesia 2022 ini dimaksudkan untuk merayakan keberagaman wastra Indonesia dan budayanya melalui kolaborasi fesyen yang unik.

"Modest Fashion adalah industri terbesar di Indonesia. Perbedaan utama dari produk Indonesia dengan produk lain di seluruh dunia adalah kentalnya pengaruh budaya di produk-produk kita,” ucap Franka Soeria, co-founder #Markamarie and founder of Council of Modest Fashion, melalui keterangan yang NOVA terima.

Baca Juga: Beragam Brand Indonesia Bawaan Gekrafs Turut Diminati dan Diapresiasi di Paris

 

“Budaya kita diterjemahkan dalam desain ready to wear dan menghasilkan koleksi yang unik dan sarat akan sentuhan seni yang bermakna. Kita membawa pilihan lain ke dalam arena global modest fashion," sambungnya.