Ramadan in Style Tokopedia Gandeng UMKM Fesyen Lokal Semakin Berkibar

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 7 April 2022 | 13:55 WIB
Salah satu koleksi milik Wearing Klamby. (Zulham_Siregar)

NOVA.id - Produk fesyen muslim seperti hijab segi empat, mukena, gamis perempuan dan baju koko pria menjadi beberapa produk paling diburu masyarakat Indonesia di Tokopedia menjelang Ramadan.

Hal ini tentu membuat industri fesyen lokal turut berkibar.

Lantas, melihat tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan fesyen lokal, akhirnya ikut mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk UMKM lokal, dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 30 April 2022.

Dalam kampanye tersebut, pihaknya menghadirkan beragam pilihan produk fesyen lokal dari sederet pegiat usaha dalam negeri, seperti  ZYTA DELIA dan Wearing Klamby.

Tentunya kampanye semakin semarak dengan adanya beragam promo menarik untuk berbelanja lebih hemat, seperti flash sale mulai dari Rp2.022, cashback hingga Rp300.000, diskon sampai dengan 90%, serta peluncuran eksklusif dari para pegiat usaha fesyen lokal.

Tak hanya itu, di dalam kampanye Ramadan in Style sendiri terdapat program Donasi Tokopedia Salam dimana sebagian keuntungan yang didapatkan dari kampanye ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Penyalurannya juga melalui mitra strategis terpercaya, seperti Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan mitra strategis lainnya.

“Melalui Ramadan in Style, Tokopedia berupaya mendukung keberlangsungan bisnis para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen lokal, agar dapat meraja di negeri sendiri serta memajukan pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas AVP of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah.

Perlu diketahui, ZYTA DELIA adalah contoh UMKM lokal di Tokopedia besutan perempuan pegiat usaha, Zyta Delia Rahmah.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Layanan FulFillment ‘Dilayani Tokopedia’ dengan Ongkir Rp0 se-Indonesia

 

Tidak hanya mengembangkan bisnis, Zyta juga memberdayakan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya sebagai penjahit.

“Momen Ramadan merupakan momen yang penting bagi pegiat usaha khususnya yang bergerak di bidang fesyen seperti kami. Saat Ramadan, transaksi kami mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya setelah bergabung dengan Tokopedia,” ujar Founder ZYTA DELIA, Zyta Delia Rahmah.

Pada Ramadan in Style kali ini, ZYTA DELIA turut berkolaborasi dengan influencer Adelia Pasha meluncurkan koleksi terbaru berupa scarf yang mengangkat tema klasik serta neo antique.

Sedangkan Wearing Klamby merupakan contoh UMKM yang juga memanfaatkan Tokopedia untuk mengembangkan usaha, salah satunya dengan berpartisipasi dalam Ramadan in Style.

Hadir dengan gaya ringan dan nyaman dikenakan sehari-hari, Wearing Klamby konsisten mengangkat kekayaan budaya Indonesia yang tercermin dari berbagai koleksi miliknya seperti Mandalika, Aceh, dan Sulawesi.

CEO Wearing Klamby, Muhamad Ridho menceritakan bahwa pada Lebaran tahun lalu, lewat Tokopedia, Wearing Klamby berhasil mencatat kenaikan transaksi hingga 300% dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

“Bahkan Wearing Klamby masuk sebagai tiga besar penjual dengan transaksi tertinggi di kampanye Ramadan in Style 2021,” jelas Ridho.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)