Lengkap! Ini Keutamaan dan Lafal Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

By Alsabrina, Sabtu, 16 April 2022 | 14:03 WIB
(Ilustrasi) Niat Bayar Zakat Fitrah (dok. freepik.com)

NOVA.id - Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban kaum muslim. Zakat fitrah wajib ditunaikan hingga batas waktu sebelum salat Idulfitri dilangsungkan.

Hadist Rasulullah SAW :

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ

Artinya: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas orang muslim baik, budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut keutamaan menunaikan Zakat Fitrah:

1. Membersihkan Jiwa

Zakat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan untuk menyucikan jiwa. Sebab, sebagian dari harta yang kita miliki merupakan hak orang lain.

Selain itu, memberikan zakat juga tidak hanya memberi manfaat untuk penerimanya, namun juga pemberinya.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” (At-Taubah: 103)

Baca Juga: Begini Penjelasan Keutamaan dan Tata Cara Salat Malam Lailatul Qadar

2. Menghapuskan dosa

Zakat juga salah satu sarana untuk menghapuskan dosa manusia. Di mana sebagai manusia tentu tidak bisa luput dari dosa, baik sadar maupun tidak.