Lama Tak Selalu Memuaskan, Begini Menurut Ahli Soal Durasi Ideal untuk Berhubungan Intim

By Alsabrina, Minggu, 17 April 2022 | 10:02 WIB
Durasi bercinta (Istock)

NOVA.id - Bicara soal kepuasan seksual, banyak orang terpaku dengan durasi. Hubungan intim maraton yang panjang menjadi ukuran bahwa sesi hubungan seksual tersebut artinya memuaskan.

Padahal, sebetulnya tidak ada angka ideal tentang berapa lama seharusnya hubungan seks berlangsung.

Meski tidak ada patokan angka, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine pada 2005 menanyakan sejumlah terapis seks soal berapa lama durasi hubungan seksual yang ideal menurut mereka.

Garis pedoman durasi hubungan intim terbagi menjadi empat kategori, yaitu cukup, terlalu singkat, terlalu lama, dan berhasrat.

Mereka menggolongkan penetrasi Miss V yang bertahan selama 1-2 menit pada kelompok "terlalu singkat" dan yang berdurasi 10-30 menit pada kelompok "terlalu lama".

Sementara penetrasi yang masuk kelompok "cukup" adalah yang berdurasi 3-7 menit dan kelompok "berhasrat" pada durasi 7-13 menit.

Namun, sulit untuk mendata dengan benar soal berapa waktu rata-rata yang dihabiskan untuk berhubungan seks.

Sebab ada banyak definisi hubungan intim.

Misalnya, beberapa orang (dan studi) hanya menghitungnya lewat penetrasi seks, yang sebetulnya bukanlah cara efektif untuk mengukur hubungan intim.

Baca Juga: Hubungan Intim Mepet Waktu Sahur Tetap Puas, Pasangan Wajib Ikuti Trik Ini

Sebab pandangan tersebut sangatlah heteronormatif dan tidak semua orang yang memiliki vagina bisa berorgasme lewat cara itu.

Oleh karena itu, penulis laman GQ bertanya pada sejumlah wanita dan orang-orang nonbiner tentang berapa lama idealnya hubungan seksual mereka bertahan.