Hati-Hati, Kolesterol dan Asam Urat Tinggi Bisa Ancam Keselamatan Jiwa

By Siti Sarah Nurhayati, Rabu, 20 April 2022 | 05:00 WIB
(Ilustrasi) Bahaya kolesterol tinggi pada perempuan (dok. freepik.com)

NOVA.id - Tingginya kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh, merupakan kondisi yang harus ditangani secepatnya. Kondisi ini tidak dapat disepelekan dan dianggap angin lalu karena dapat menimbulkan komplikasi yang lebih parah hingga mengancam nyawa.

Kolesterol secara alami diproduksi oleh tubuh melalui organ hati. Selain itu, kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan yang kita makan seperti susu dan daging.

Kolesterol berguna bagi tubuh untuk memproduksi hormon, menghasilkan vitamin D, dan membentuk sel-sel sehat. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi di momen Ramadan yang sulit mengontrol asupan makanan ini. 

Salah sedikit, kolesterol tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah dan berisiko menyebabkan aliran darah menuju jantung tersumbat. Faktanya, orang dewasa lebih rentan mengalami kolesterol tinggi dibanding anak-anak.

Gejalanya sendiri bisa ditandai dengan mudah pegal di bagian punggung dan leher, nyeri di sekitar dada kiri, sering kesemutan pada tangan dan kaki, hingga sering sakit kepala.

Kadar kolesterol yang terlampau tinggi juga turut mempengaruhi kualitas kesehatan tubuh.

Hal ini selaras dengan informasi dari laman Alodokter.com bahwa kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti serangan jantung, stroke, arteri perifer, dan penyumbatan pembuluh arteri jantung.

Adapun asam urat tinggi merupakan suatu masalah kesehatan dengan gejala nyeri pada area persendian. Biasanya rasa nyeri ini disertai dengan rasa panas dan pembengkakan yang disebabkan makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan dan atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Untuk itu, kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi perlu ditindaklanjuti secara benar dan tepat supaya tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Selain penanganan medis melalui obat-obatan kimia, kondisi ini juga dapat ditangani menggunakan suplemen herbal alami.

Baca Juga: Kadar Kolesterol Pasti Stabil, Dokter Sarankan Satu Cara Sederhana Ini Selama Puasa

 

Salah satunya dengan Madu Jamkorat. Madu satu ini digadang-gadang ampuh mengatasi kolesterol dan asam urat tinggi.