Biar Aman dan Nyaman, 5 Hal Ini Penting Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran

By Siti Sarah Nurhayati, Rabu, 27 April 2022 | 05:01 WIB
Lakukan Persiapan Ini Agar Mudik Tetap Nyaman dan Aman. (Occupational Health & Safety)

NOVA.id - Awal tahun ini, kita melihat tren perjalanan sudah mulai bangkit. Dimulai dengan tradisi mudik Lebaran yang akhirnya bisa kembali dijalankan.

Berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan 85 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022 nanti. Antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik juga terlihat dari meningkatnya pemesanan moda transportasi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.

Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62% dibandingkan dua bulan sebelumnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan untuk membolehkan mudik.

“Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi)," jelas Iko Putera, CEO Transport, Traveloka, melalui rilis yang NOVA terima.  

Katanya, perubahan perilaku sejak pandemi membuat peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan melesat tajam, bahkan jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan mencapai 112% jika dibandingkan dengan tahun 2019 silam.

Dengan catatan, rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen Traveloka untuk mudik tahun ini adalah Jakarta-Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru.

"Melihat adanya peningkatan minat dan kondisi pandemi yang perlahan mulai terkendali, momen libur Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai rencana perjalanan, baik mudik atau sekedar refreshing ke destinasi impian," sambung Iko. 

Syarat mudik ()

Untuk itu, kamu bisa banget menentukan destinasi baik domestik atau internasional yang sesuai dengan budget, nih.

Namun, bagi yang sudah memiliki rencana perjalanan mudik, agar perjalanan aman dan nyaman, Traveloka memberikan 5 tips terkait hal penting yang harus diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh dan panjang. Apa saja? 

Baca Juga: Abadikan Hangatnya Momen Kumpul Keluarga Saat Lebaran dengan Tips Ini

1. Kondisi badan harus sehat