Tips Tetap Fokus Mengemudi Saat Berpuasa, Hindari AC Berlebih hingga Harus Pintar Atur Emosi

By Dinni Kamilani, Selasa, 26 April 2022 | 14:31 WIB
5 Cara Tetap Fokus Mengemudi Saat Berpuasa (xijian)

NOVA.id- Berpuasa seharusnya bukan jadi alasan untuk kita tidak produktif, sebaliknya di bulan Ramadan ini adalah saatnya kita semua berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Pasalnya, di bulan penuh berkah ini Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda untuk setiap kebaikan yang kita lakukan.

Kendati begitu, menjalani kegiatan sehari-hari pada saat berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri karena terdapat beberapa aspek yang harus disesuaikan lagi sejalan dengan terbatasnya energi, termasuk saat mengemudikan mobil.

Melansir dari Kompas.com, dr. Daniel Bramantyo, dokter dari Rumah Sakit PertaminaJaya menyebut jika berpuasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas.

Tapi, dengan persiapan yang matang hal tersebut bisa kendalikan kok, sehingga kita dapat berkendara dengan aman meski sedang berpuasa. Bagaimana caranya?

Baca Juga: 5 Tips Konvoi Motor Tetap Aman, Jangan Lupa Istirahat Sesuaikan Usia

1. Perhatikan Asupan Gizi

Pertama yang paling penting pastikan gizi kita terpenuhi. Daniel menyarankan untuk tidak lupa mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya saat sahur.

“Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengonsumsinya dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemas di siang hari,” ujar Daniel.

Ketika sahur atau berbuka sebaiknya kita mengonsumsi jus buah yang dapat membantu proses pencernaan tetap lancar, sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh.

Selain itu, disarankan untuk menghindari makanan pedas dan asam selama berpuasa. “Makanan pedas dan asam dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan,” kata Daniel.

Jika sudah terkena asam lambung dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi saat sedang berkendara.