Bangga! Brand Lokal VONA Mampu Bersaing dengan Brand Internasional di Kanal LazMall di Lazada

By Widyastuti, Rabu, 27 April 2022 | 18:02 WIB
Bangga! Brand Lokal VONA Mampu Bersaing dengan Brand Internasional di Kanal LazMall di Lazada (Dok. Lazada)

VONA, Brand Lokal yang #NaikKeLaz dan Mampu Bersaing dengan Brand Internasional di Kanal LazMall di Lazada 

NOVA.id  - Siapa bilang brand lokal tidak mampu bersaing dengan brand internasional? Kini kesempatan untuk bertumbuh, mendominasi pasar lokal, hingga menembus pasar regional tidak lagi menjadi hal yang mustahil bagi brand lokal Indonesia.

Terlebih dengan kehadiran eCommerce yang semakin menawarkan akses dan kemudahan bagi brand dan penjual lokal Indonesia termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperkenalkan produk dan brand-nya, memperluas pasar, dan bertumbuh secara berkelanjutan. 

Hal ini dibuktikan oleh pasangan suami istri Violetta Affandi dan Fejri Muzakky melalui VONA, sebuah usaha produk berbahan dasar kulit sintetis untuk pria dan wanita seperti tas, sepatu, dan dompet yang kini telah berhasil menembus pasar dan bahkan masuk kanal LazMall di Lazada.

Bermula dari keinginan pasangan ini untuk memulai hal baru, VONA kini telah memiliki konsumen yang tersebar tidak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara. Kira-kira seperti apa perjalanannya dalam membangun brand lokal ini? Simak ceritanya!

Menjadi entrepreneur adalah keinginan yang telah dipendam oleh Violetta dan Fejri sejak lama. Setelah memutuskan pindah ke Bali, Violetta dan suami mendapati banyak pengrajin yang kehilangan pekerjaan sejak tragedi Bom Bali dan menemukan banyak kesempatan untuk membina para pengrajin ini.

Mulailah perjalanan mereka dalam membangun usaha yang sekaligus dapat memberdayakan para pengrajin di komunitas sekitarnya. 

Dimulai dari mempelajari teknis desain secara otodidak, serta mempelajari tipe tas, teknik menjahit, dan material yang bagus, Violetta dan suami akhirnya melahirkan VONA dengan bantuan para pengrajin di Bali di tahun 2013.

Nama VONA sendiri diambil dari kata VON dari Bahasa Islandia yang memiliki arti ‘harapan’ untuk menggambarkan keinginan menggapai sukses di masa depan. VONA menjual produk berbahan dasar kulit sintetis seperti tas, sepatu, dan dompet untuk pria dan wanita berkualitas premium. Lantas bagaimana rahasia Violetta dan Fejri dalam membangun brand VONA?

Fejri Muzakky, Pendiri VONA mengatakan, “Ketika kita membangun sebuah bisnis, kita harus mampu membaca situasi dan memahami permintaan pasar. Awal mulanya, saya membangun VONA dengan mode bisnis berdasarkan preferensi saya sendiri. Tapi saya menyadari bahwa tidak semua hal yang saya sukai sejalan dengan permintaan konsumen.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Ketupat yang Benar, Dijamin Padat dan Tahan Lama!

Setelah melalui proses trial and error, dan memahami keinginan pasar, kini kami bangga dapat memberikan produk yang dibutuhkan dan dicari oleh konsumen. Saat ini VONA mampu mencapai rata-rata 200-300 penjualan per hari di Lazada, dan bahkan bisa mencapai ribuan penjualan di saat ada promo.”