Tips Agar Badan Tetap Fit Selama Bulan Ramadan Menuju Lebaran

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 28 April 2022 | 19:04 WIB
(Ilustrasi) olahraga (Prostock-Studio)

NOVA.id - Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan, perubahan pola makan serta proses adaptasi tubuh terkadang membuat badan terasa lemas dan kurang bersemangat.

Di sisi lain, kita harus tetap aktif untuk menjalankan rangkaian aktivitas harian hingga berbuka puasa. Terlebih, sebentar lagi kita akan menyambut momen Lebaran dan bertemu keluarga dan sanak saudara. 

Nah, agar kondisi tubuh tetap prima di berbagai kondisi, termasuk saat berpuasa, beberapa kebiasaan sehat perlu menjadi pertimbangan untuk mulai dilakukan.

“Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di berbagai kondisi tentu merupakan aspirasi setiap orang, " ucap Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter

Dia menambahkan, rangkaian kebiasaan sehat yang konsisten dilakukan akan mendukung tubuh untuk selalu siap dan aktif, bahkan saat berpuasa di bulan Ramadan.

"Alodokter sebagai platform kesehatan digital terkemuka berusaha untuk terus mendukung kebiasaan sehat dengan menyediakan layanan konsultasi serta kebutuhan kesehatan lainnya bagi masyarakat," jelas Suci. 

Semakin spesial di bulan Ramadan ini, pihaknya juga bermitra dengan ShopeePay Big Ramadan Deals agar belanja kebutuhan kesehatan semakin mudah dan nyaman dengan berbagai penawaran dan promo menarik.

Lantas, menjaga tubuh tetap prima dapat dilakukan dengan memulai kebiasaan sehat sederhana. Untuk itu, Alodokter turut membagikan beberapa tips agar kamu bisa selalu fit, khususnya di bulan Ramadan.

1. Tetap luangkan waktu untuk berolahraga ringan

Baca Juga: Pelaku UMKM Wajib Tahu, Fitur ShopeePay Ini Bisa Bantu Kembangkan Usaha

Rutin menjalankan olahraga harian setidaknya 30 menit setiap hari dapat mendukung fisik agar tetap fit. Selain itu, berolahraga juga mampu mengurangi stres, serta membuat suasana hati lebih baik dan rileks melalui produksi hormon endorfin.

Meskipun berbeda dari hari-hari biasa, puasa bukanlah alasan untuk kamu tidak berolahraga. Di tengah padatnya jadwal yang kamu miliki, kamu bisa meluangkan waktu pada sore hari, satu atau dua jam menjelang maupun setelah berbuka puasa.