Begini Cara Pastikan Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran

By Maria Ermilinda Hayon, Jumat, 29 April 2022 | 15:02 WIB
Ilustrasi tinggalkan rumah untuk mudik Lebaran. ()

NOVA.id - Banyak keresahan saat harus meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran dalam waktu yang cukup lama.

Wajar saja kekhawatiran ini kembali kita rasakan, pasalnya ini adalah kali pertama mudik Lebaran kembali diizinkan oleh pemerintah, sejak pandemi dua tahun ini.

Namun, meski ada rasa khawatir meninggalkan rumah, banyak dari kita yang tidak mau kehilangan kesempatan baik dan menggembirakan ini.

Nyatanya, berdasarkan riset dua bulan terakhir Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada 85 juta orang yang mudik pada Lebaran 2022. Jumlah ini naik 40 persen lebih banyak bahkan dari tahun 2019, setahun sebelum pandemi.

Nah, jika Sahabat NOVA ingin ikut mudik Lebaran pertama sejak pandemi tanpa khawatir, tentunya perlu mempersiapkan segala hal dengan matang sebelumnya.

Bukan hanya mempersiapkan keperluan mudik seperti barang bawaan, tiket transportasi, hingga oleh-oleh untuk pulang ke kampung halaman, tapi juga mempersiapkan kondisi rumah agar tetap aman saat ditinggal mudik.

Apakah kita akan mudik sekeluarga sehingga rumah kosong, atau ada mbak asisten rumah tangga yang berjaga sendirian di rumah, kita tetap perlu waspada.

Pun untuk kiya yang tidak mudik, tetap perlu berjaga-jaga karena mungkin para tetangga mudik, sehingga lingkungan perumahan sepi.

Jangan sampai, nih, hal-hal yang kita khawatirkan beneran kejadian.

Baca Juga: Berita Terpopuler: Perbedaan Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi hingga 7 Cara Menghemat Baterai HP Saat Mudik Lebaran

Duh, amit-amit!

Biasanya kalau mudik kita pergi sekeluarga.