Benarkah Makan Nasi Putih Bikin Kita Gemuk? Begini Fakta Sebenarnya

By Alsabrina, Minggu, 15 Mei 2022 | 05:00 WIB
Nasi putih bikin gemuk (dok. freepik.com)

NOVA.id - Bagi rata-rata penduduk Indonesia, nasi putih adalah “makanan wajib”.

Ya, meski masih ada makanan pokok lain seperti singkong, saku, dan jagung, rasanya masih ada yang kurang jika belum memakan nasi.

Namun saat ini, banyak orang yang mulai memilih untuk beralih ke makanan pokok lain. Pasalnya, nasi putih dianggap dapat mempersulit turunnya berat badan.

Bahkan, kita bisa menemukannya di daftar makanan “terlarang” seperti kue dan pastry yang penuh kalori.

Namun, apakah benar nasi putih membuat kita gemuk?

Dilansir dari Sfgate, sebenarnya nasi saja tidak akan membuat kita gemuk kecuali kita mengonsumsinya melebihi tunjangan kalori harian yang direkomendasikan secara rutin.

Apalagi jika terbiasa memadukannya dengan gorengan atau saus tinggi lemak. Jadi, jika kita terus memperhatikan porsi makan dan memilih jenis whole-grain, nasi putih tak akan membuat kita gemuk.

Lantas, dari mana anggapan nasi putih bisa membuat kita gemuk? Jika benar, apakah ada alternatif lainnya? Untuk menjawabnya, simak paparan berikut.

Stigma jika nasi putih dapat mempersulit turunnya berat badan, rupanya berawal dari pengaruh Diet Atkins pada 1960 silam.

Baca Juga: 5 Pilihan Makanan Pengganti Nasi Putih yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2

Kala itu, metode dinilai ampuh membantu menurunkan berat badan dengan berbagai pantangannya.

Pada masa itu pula, karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, dan pasta dikambinghitamkan sebagai penyebab banyak hal, mulai dari penambahan berat badan hingga penyakit jantung.