Beasiswa Pascasarjana Pertama di Singapore Management University Hadir untuk Mahasiswa Indonesia

By Siti Sarah Nurhayati, Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi beasiswa di SMU. (DOK. SMU)

NOVA.id - Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk, telah menyumbangkan dana sebesar S$630.000 untuk menyelenggarakan program Beasiswa Pascasarjana Haryanto Adikoesoemo (Haryanto Adikoesoemo Postgraduate Scholarship) di Singapore Management University (SMU).

Beasiswa ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di bidang inovasi, modal manusia dan transformasi bisnis di SMU, mendorong mereka untuk meraih pencapaian akademik yang lebih tinggi, serta memberikan pengakuan yang sesuai dengan prestasi mereka.

Haryanto Adikoesoemo, yang merupakan anggota SMU International Advisory Council di Indonesia, mengatakan, “Saya senang dapat memperluas kemitraan saya bersama SMU melalui beasiswa pascasarjana ini. Bersama-sama, kita bisa membangun generasi pemimpin yang inovatif dengan semangat keusahawanan."

Dia berharap kontribusi ini mampu mendukung mahasiswa Indonesia yang memiliki tekad untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Dirinya juga sangat yakin bahwa program beasiswa ini akan membantu menginspirasi dan mengembangkan keahlian yang dibutuhkan oleh kaum profesional berbakat untuk menjadi pemimpin di bidang teknologi, kewirausahaan, dan inovasi.

"Saya juga berharap ketika mereka kembali ke Tanah Air, para mahasiswa tersebut dapat berkontribusi kembali terhadap pembangunan ekonomi nasional," tutur Haryanto. 

Pasalnya Associate Professor Themin Suwardy, Associate Provost (Postgraduate Professional Education) SMU mengatakan, setiap tahunnya, mahasiswa Indonesia yang berminat untuk menempuh pendidikan pascasarjana di SMU cukup banyak jumlahnya.

Singapore Management University ()

Sayangnya, karena keterbatasan keuangan, tidak semua orang dapat mengikuti program profesional di SMU. Sehingga kontribusi ini akan memberikan dukungan berarti bagi pelajar Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka.

"Beasiswa ini juga menjadi program beasiswa pertama yang dibuka khusus bagi mahasiswa pascasarjana Indonesia yang menempuh studi mereka di SMU. Hal ini mencerminkan keyakinan kuat Haryanto Adikoesoemo terhadap program-program kami," jelas Themin di kesempatan yang sama. 

Dimulai pada Tahun Akademik 2022/2023, sebanyak tiga beasiswa baru akan diberikan setiap tahunnya pada calon mahasiswa terpilih selama periode tiga tahun.

Baca Juga: Beasiswa Glow & Lovely Kembali Dibuka, Simak Mekanisme dan Persyaratannya!