Jakarta Paddle Club Bekerja Sama dengan Klub Dayung Bahtera Selenggarakan Jakarta Dragon Boat Festival

By Alsabrina, Kamis, 9 Juni 2022 | 08:00 WIB
Jakarta Paddle Club (dok. Jakarta Paddle Club)

NOVA.id - Setelah dua tahun terkendala pandemi, Jakarta Paddle Club bekerja sama dengan Klub Dayung Bahtera kembali menyelenggarakan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4 2022.

Kejuaraan dayung Dragon Boat dengan skala internasional tersebut akan diadakan pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Ancol Beach, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Salah satu event kejuaraan olahraga air tahunan terbesar kali ini akan memperebutkan hadiah uang tunai total senilai Rp135.000.000,- dan dibagi dalam 5 kategori, yaitu Kategori Umum, Kategori Putra, Kategori Putri, Kategori Campuran dan Undangan Pelajar.

Setiap tim yang beranggotakan 12 orang dalam satu perahu akan menempuh jarak sepanjang 250 meter.

Event kejuaraan menerapkan standar keselamatan dan protokol kesehatan secara ketat.

Selain lomba, dalam festival ini juga akan diadakan bazaar, games, pertunjukan budaya dan musik, serta berbagai aktivitas menarik lainnya.

Perhelatan Jakarta Dragon Boat Festival ke-4 2022 didukung oleh Hong Kong Economic Trade Office yang telah menjadi Sponsor Platinum sejak event ini pertama kali diadakan pada tahun 2017 hingga penyelenggaraan di tahun ini.

Tradisi kuno lebih dari 400 tahun lalu ini sekarang telah menjadi olahraga air yang popular di berbagai negara karena menggabungkan unsur prestasi, pendidikan dan rekreasi, serta dapat diikuti oleh pemula dari semua umur dengan kemahiran amatir.

Olahraga dayung Dragon Boat mengandalkan kerja sama tim dan menjunjung tinggi nilai keberagaman, gotong royong, persatuan dan sportivitas.

Baca Juga: Unik, Nikmati Udara Segar Setu Patenggang di Atas Kapal Laut

Menurut Wibowo Suseno Wirjawan, Pengurus PODSI DKI, penyelenggaraan Jakarta Dragon Boat Festival Ke-4 2022 diharapkan akan makin memajukan olahraga dayung Dragon Boat di Tanah Air dan mencetak lebih banyak bibit-bibit atlet terbaik, serta memberi dampak positif bagi lingkungan karena bertujuan membangun kesadaran dan konstribusi masyarakat atas kondisi perairan di Indonesia.