Sebelum Dibawa ke Cimaung, Warga Bisa Ikut Salatkan Jenazah Eril di Pakuan Besok Malam

By Dinni Kamilani, Sabtu, 11 Juni 2022 | 18:59 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) berfoto dengan sang ayah, Ridwan Kamil. (Instagram @qka.attamimi)

NOVA.id – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menjamin fasilitasi repatriasi jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz, atau biasa disapa Eril dijalankan dengan baik.

Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan, pihak Kemenlu dan KBRI di Swiss akan terus mendampingi keberangkatan jenazah hingga sampai ke Indonesia dan Bandung.

Ia mengatakan, "Hari ini, Sabtu pukul 10 waktu Swiss atau pukul 3 waktu Indonesia, jenazah Eril sudah diterbangkan ke Indonesia.  Berangkat satu pesawat dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan keluarga."

Diperkirakan rombongan akan tiba di Jakarta besok Minggu (12/6) sekitar jam 6 sore, dan akan langsung melanjutkan perjalanan darat menuju Bandung.

Baca Juga: Turut Libatkan Ulama Setempat, Ridwan Kamil Tak Kuasa Langsung Peluk Sang Putra Usai Dimandikan

“Setelah proses pengurusan jenazah, di bandara rombongan bertolak ke Bandung ke kediaman resmi di gedung Pakuan Bandung,” tutur kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, dalam Konferensi Pers, yang dilakukan secara hybrid, Sabtu (11/6).

Jika tak ada kendala rombongan akan tiba di Bandung Minggu malam sekitar jam 10. Lebih lanjut pihak keluarga juga akan memberikan kesempatan kepada warga yang ingin ikut meyolatkan jenazah almarhun Eril.

“Warga yang akan hadir atau berkeinginan menyampaikan doa salat jenazah, dipersilakan setelah acara keluarga perkiraan jam 11 malam hari Minggu, sampai 8 pagi di gedung Pakuan,” jelasnya.

Kemudian mulai pukul 9 jenazah akan berangkat ke lokasi pemakaman dengan rombongan keluarga inti. Melewati rute Gedung Pakuan- Wastu Kencana - Pintu Tol Pasteur-Tol Soroja dan menuju Cimaung.

Namun karena keterbatasan lokasi pemakaman, hanya pihak keluarga inti dan kerabat terdekat saja yang akan berada di lokasi pemakaman.

Baca Juga: Direncanakan Tiba Hari Minggu, Jenazah Almarhum Eril akan Dimakamkan di Pemakaman Keluarga