Lawatan Delegasi B20 ke Singapura, Perkuat Kerjasama Regional Menuju Pemulihan Ekonomi Global

By Presi, Kamis, 16 Juni 2022 | 17:16 WIB
Pertemuan dengan Singapore Indian Chamber of Commerce and Industry (SICCI). (Dok. KADIN Indonesia)

NOVA.id - Delegasi B20 Indonesia melakukan lawatan ke Singapura pada 13-14 Mei 2022 dengan sejumlah agenda utama.

Agenda itu di antaranya, untuk meningkatkan kerjasama bisnis dan perdagangan dua negara, menjajaki peluang kerjasama ekonomi dengan komunitas bisnis negara tersebut, termasuk mengidentifikasi key partners potensial bagi proyek investasi di Indonesia yang sejalan dengan agenda G20.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan agenda prioritas Presidensi B20 Indonesia serta mengundang kalangan bisnis Singapura untuk hadir dalam B20 Summit yang akan diselenggarakan pada November mendatang di Bali.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid dan Shinta Kamdani selaku Chair B20 Indonesia yang menjadi pembicara dalam acara Indonesia-Singapore Business Forum (ISBF), membahas mengenai isu energi terbarukan dan digitalisasi yang menjadi salah satu agenda penting B20 Indonesia.

Arsjad mengatakan, kedatangan ini merupakan upaya untuk meninjau kembali serta memperbaharui hubungan Indonesia dengan Singapura, khususnya dalam bidang ekonomi, bisnis, dan perdagangan.

"Indonesia dan Singapura membahas lebih lanjut mengenai upaya pemulihan ekonomi dan apa yang bisa kita lakukan bersama dalam tataran kerjasama ASEAN, melalui B20 selaku business engagement negara-negara G20,” tambah Arsjad, Rabu (14/06).

Singapura diundang untuk hadir dalam pertemuan G20 dikarenakan kontribusi ekonominya yang signifikan di tingkat regional maupun global.

Pelaku usaha Singapura diharapkan turut andil dalam transformasi ekonomi dunia.

Lawatan yang merupakan bagian Roadshow B20 diharapkan menjadi fondasi krusial pencapaian agenda B20, dengan meningkatkan partisipasi pemimpin bisnis Singapura untukbersama-sama melakukan upaya transformasi dan pemulihan ekonomi.

Baca Juga: KADIN Indonesia Lakukan Tur Eropa untuk Promosikan Forum B20

Hubungan erat Indonesia dengan Singapura dinilai akan memberi kontribusi perihal cross-countries networking serta knowledge sharing opportunities, khususnya dalam menyiapkan masukan untuk legacy program yang bermanfaat bagi pemulihan ekonomi negara-negara G20.

Shinta mengatakan, KADIN Indonesia dipercaya pemerintah untuk menjadi penyelenggara B20 yang tidak hanya terbatas pada negara-negara anggota G20.