Wajib Tahu! Begini 10 Tips Mudah Hemat Gas, Listrik, Sampai BBM

By Dinni Kamilani, Selasa, 28 Juni 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi hemat gas (Erstudiostok)

NOVA.id - Selain kenaikan bahan pokok yang bisa terjadi kapan saja, belum lama ini pemerintah juga sedmpat  memberikan sinyal akan adanya kenaikan tarif listrik, BBM Pertalite, hingga elpiji 3 kg.

Tentu saja ini bukan kabar yang menggembirakan. Namun daripada pusing bahkan stres memikirkan hal yang di luar kendali kita, bagaimana jika mulai mencoba beberapa kiat sederhana yang bisa membuat kita lebih irit mengonsumsi tiga komoditas tersebut?

Khusus untuk Sahabat NOVA, berikut ini 10 kiat sederhana, dijamin bisa lebih Anda lebih hemat. Kalau masih tidak yakin, yuk kita hitung dulu. Apa saja, ya, tipsnya?

Tips Hemat Gas

1. Rutin Bersihkan Tungku Kompor

Rajinlah bersihkan tungku kompor paling tidak satu bulan sekali. Pasalnya kompor yang kotor akan membuat nyala api terlihat oranye, kuning, atau tidak stabil.

Dampaknya, waktu memasak bertambah lama, sehingga gas epliji di rumah akan lebih cepat habis. Adapun api yang bagus adalah yang berwarna biru, di mana panas yangdihasilkan lebih stabil dan baik.

Baca Juga: 4 Cara Hemat Uang Saat Nonton Konser Musik Offline, Dompet Tetap Aman 

2. Gunakan Metode Memasak 5-30-7

Bagi yang senang memasak di dapur, wajib mencoba metode satu ini, karena benar-benar bisa menghemat gas di rumah.

Metode ini bisa kita aplikasikan untuk memasak daging yang normalnya membutuhkan waktu lama.

Caranya, masak daging selama 5 menit, setelah itu matikan api kompor, lalu tutup panci dengan rapat. Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci, kemudian masak lagi selama 7 menit.