Hari Keluarga Nasional 2022, Ini Tips Kelola Keuangan untuk Liburan ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco

By Ratih, Rabu, 29 Juni 2022 | 16:33 WIB
Mona Ratuliu dan Indra Brasco bagikan tips kelola keungan untuk liburan di Hari Keluarga Nasional 2022, Rabu (29/06). (Grid.ID)

NOVA.id - Ada tips Pintar Atur Uang untuk mengatur uang liburan ala keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco, nih.

Di Hari Keluarga Nasional 2022, pasangan ini membagikan tips kelola keuangan yang bisa diikuti siapa saja, lo.

Tips Pintar Atur Uang ini untuk mencegah liburan gagal bersama keluarga tercinta.

Yuk simak selengkapnya!

1. Buat pos budget sesuai kebutuhan serta lakukan evaluasi keuangan secara berkala

Membuat rancangan pengeluaran adalah salah satu strategi utama yang dilakukan oleh Mona dan Indra agar pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik.

Untuk strategi satu ini, Mona menekankan bahwa setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda.

Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

"Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya."

Baca Juga: 4 Cara Hemat Uang Saat Nonton Konser Musik Offline, Dompet Tetap Aman

"Nah, untuk memenuhi kebutuhan transfer yang beragam tersebut, aku memanfaatkan fitur Transfer ShopeePay karena bisa transfer berkali-kali dan tetap gratis biaya admin."

"Dengan begitu, di akhir bulan kami bisa melakukan evaluasi pengeluaran dengan mudah melalui riwayat transaksi ShopeePay, sehingga proses pengelolaan keuangan pun makin teratur dan terukur," ujar Mona Ratuliu di acara ShopeePay Talk: Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay, Rabu (29/06).

Acara ShopeePay Talk: Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay, bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional 2022, Rabu (29/06). (ShopeePay)

2. Manfaatkan teknologi untuk permudah urusan finansial harian

Mona dan Indra mengaku bahwa kehadiran teknologi sangat membantu urusan finansial keluarganya.

Selain membantu keduanya jadi makin produktif dan dapat beraktivitas dengan efisien, Mona dan Indra juga merasa sangat terbantu dengan keunggulan fitur dan juga promo yang ditawarkan.

"Ibu-ibu pasti paham kalau setiap harinya ada saja kebutuhan keluarga yang harus ditransfer sana-sini, mulai dari uang belanja dapur, bayar uang sekolah dan les anak, uang saku anak, iuran bulanan kompleks, gaji pegawai, sampai iuran arisan keluarga dan jadwal staycation."

"Untungnya, sekarang ada fitur Transfer ShopeePay yang praktis dan gratis biaya admin, jadi aku bisa bebas melakukan transfer ke mana pun tanpa ribet dan pastinya tetap hemat," lanjut Mona.

3. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam proses perencanaan keuangan

Menambahkan sang istri, Indra Brasco mengatakan, "Bagi saya, teamwork dan saling percaya merupakan salah satu kunci untuk mencapai perencanaan keuangan keluarga yang kuat."

"Untuk itu, saya dan Mona selalu berusaha untuk melibatkan anak-anak dalam mencapai tujuan finansial bersama dengan sesekali memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengatur keuangan masing-masing."

"Namun, layaknya sebuah tim, dalam keluarga juga tentu memerlukan pembagian tugas yang jelas. Kalau untuk urusan keuangan keluarga, sudah pasti saya percayakan kepada Mona yang memang lebih teliti, memahami secara detail mengenai kebutuhan keluarga, dan tentunya cerdas memilih promo yang menguntungkan."

Baca Juga: Tips Pintar Atur Uang Bisnis ala Najla Bisyir, Sukses Kembangkan Bittersweet by Najla

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)