TikTok dan Gramedia Gelar Kampanye untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

By Ratih, Senin, 11 Juli 2022 | 07:30 WIB
Kampanye #SerunyaMembaca untuk tingkatkan minat baca masyarakat. (TikTok)

NOVA.id - TikTok kembali berkolaborasi dengan Gramedia, jaringan toko buku terbesar di Indonesia, untuk mengadakan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca.

Selain menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong semangat membaca masyarakat, TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangi, organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur.

Hal ini untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan melalui program donasi buku.

Kampanye ini juga diselenggarakan seiring dengan meningkatnya jumlah konten edukasi yang hadir di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan.

Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia.

Namun, riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2021 menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Hal ini juga terlihat di TikTok, di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati oleh komunitas TikTok.

Melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka.

Selaras dengan fenomena ini, kampanye #SerunyaMembaca ingin meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok serta masyarakat luas akan serunya menimba ilmu melalui medium buku.

Baca Juga: Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini Faktor Terpenting agar Konsumen Belanja di TikTok Shop

"Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views."

"Oleh karena itu, kami kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat."