Ubah Sampah di Dapur Jadi Bermanfaat, Yuk! Regrow Sisa Sayuran

By Dinni Kamilani, Rabu, 13 Juli 2022 | 11:03 WIB
Regrow sisa sayur (kyoshino)

NOVA.id - Tak hanya sampah plastik saja, sampah makanan juga ternyata memiliki dampak yang tak kalah buruk bagi lingkungan.

Bagaimana tidak, sampah makanan ini sangat berkontribusi meningkatkan jumlah gas rumah kaca (GRK) di atmosfer.

Dilansir dari Kompas.id, gas metana yang dihasilkan oleh 12 juta ton sampah makanan di Indonesia setara dengan emisi gas karbondioksida CO2 yang dihasilkan 5,45 juta mobil dalam setahun.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2020, di Indonesia sendiri sampah makanan menyumbang 40 persen dari total sampah yang dihasilkan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, tentu dengan menerapkan kebiasaan makan tanpa sisa dan mengambil makanan hanya yang mau dimakan saja.

Baca Juga: Jadi Solusi Daur Ulang Sampah Praktis dan Menguntungkan, Kini Aplikasi Octopus Resmi Hadir di Jakarta

Selain itu, kita juga bisa mengurangi sampah makanan ini dari dapur, lho. Caranya dengan menanam kembali atau regrow sisasisa sayur yang tidak terpakai.

Tentunya ini bisa membuat kita mengurangi sampah makanan, sekaligus berhemat. Pasalnya, kita bisa mengonsumsi sayuran yang kita tanam sendiri.

Media tanamnya pun cukup hanya pakai wadah seperti toples dan air maupun pot. Kemudian letakkan wadah di jendela yang terkena sinar matahari.

Jangan lupa untuk rajin-rajin mengganti airnya, ya. Selain mudah, ternyata ada banyak juga jenis sayuran yang bisa ditanam kembali. Apa saja dan bagaimana caranya, ya?

Baca Juga: Jangan Asal Buang, Ini Cara Mengolah Sampah Dapur agar Bermanfaat

Langkah Regrow Sisa Potongan Sayur