Jangan Dilakukan Lagi! Ada Bahaya Mengintai Jika Kita Masih Mencuci Beras Langsung di Panci Rice Cooker

By Alsabrina, Minggu, 17 Juli 2022 | 10:01 WIB
(Ilustrasi) Mencuci beras (iStockphoto)

NOVA.id - Sahabat NOVA mungkin hampir dari kita semua pernah mencuci beras menggunakan wadah atau panci rice cooker, saat akan memasak nasi menggunakan rice cooker.

Mencuci beras langsung dari panci rice cooker dianggap sebagian orang menjadi cara yang lebih mudah dan praktis, sehingga proses memasak nasi bisa lebih cepat.

Sayangnya, mencuci beras langsung dari panci rice cooker nyatanya tidak pernah disarankan, karena menyebabkan beberapa permasalahan negatif.

Melansir dari Kompas.com, mencuci beras di panci rice cooker dapat menggores anti lengket yang biasanya ada pada bahan panci rice cooker.

Jika kita mencoba memegang beras, kita tahu bahwa beras itu keras, dan tajam, jadi bisa dibayangkan bahwa mencuci beras di dalam panci rice cooker sangat merusak.

Saat mencuci beras langsung dari panci rice cooker, butiran beras yang tajam serta kasar akan mampu mengikis dan menggores lapisannya hingga rusak.

Lama kelamaan, anti lengket panci rice cooker mengelupas dan tampilannya tidak akan bagus lagi. Hal ini juga bisa memengaruhi proses pemasakan nasi.

Selain itu, bahan anti lengket panci rice cooker yang mengelupas bisa sangat berbahaya ketika tercampur dengan nasi yang kita makan.

Umumnya lapisan antilengket pada panci rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic. Bahan ini juga digunakan pada proses pembuatan wajan teflon.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Rambut, Ini Cara Penggunaannya

Penggunaan bahan PFOA sendiri pernah jadi permasalahan yang diperdebatkan dalam di dunia kesehatan, karena dianggap membahayakan kesehatan seseorang.