Selain Awkarin, Ini 3 Artis Indonesia yang Melakukan Ritual Melukat

By Alsabrina, Selasa, 26 Juli 2022 | 16:01 WIB
Tradisi Melukat (dok. Kompas.com)

NOVA.id - Tradisi Melukat menjadi trending di media sosial lantaran seorang selebgram bernama Karin Novilda atau yang dikenal dengan nama Awkarin melakukan ritual penyucian diri tersebut.

Melukat merupakan salah satu tradisi umat Hindu di Bali. Makna melukat adalah pembersihan jiwa dari hal negatif.

Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Profesor I Gde Pitana menjelaskan, Melukat dapat dilihat dari dua sisi.

Pertama adalah kegiatan religi bagi umat Hindu, dan kedua merupakan wisata spiritual yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Khusus untuk sisi kedua, lanjutnya, ritual Melukat semakin dikenal belakangan ini salah satunya karena tren wisata spiritual di kalangan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Ternyata, banyak artis Indonesia yang telah melakukan ritual Melukat. Selain Awkarin, ini 3 artis Indonesia yang melakukan ritual Melukat.

1. Ariel Tatum

Ariel Tatum melakukan tradisi Melukat (dok. instagram/arieltatum)

Ariel Tatum sempat melakukan Melukat, ritual pembersihan atau penyucian diri dengan air suci di Bali. Hal ini diketahui dari unggahannya di instagram pada tahun 2021 silam.

“To be able to reconnect with my mind, body, and spirit has been such a tiring, mind-blowing, yet amazing experience that I wouldn't trade for everything else in the world.

Baca Juga: Ariel Tatum Deg-degan Jadi Istri Nicholas Saputra di Film Sayap-Sayap Patah

(Untuk bisa terhubung lagi dengan pikiran, tubuh, dan jiwaku adalah sebuah pengalaman yang melelahkan, menakjubkan tapi luar biasa hingga aku tidak akan menukarnya dengan hal lain di dunia),” tulis Ariel dikutip pada Rabu (15/12/2021).