Sering Alami Asam Lambung, Chef Marinka Bagikan Tips Sehatnya: Jalankan Diet Gluten Free

By Widyastuti, Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:29 WIB
Sering Alami Asam Lambung, Chef Marinka Bagikan Tips Sehatnya: Jalankan Diet Gluten Free (Tribunnews.com)

NOVA.id - Saat ini masyarakat memang tidak dapat menghindari gaya hidup modern yang mengakibatkan padatnya jadwal sehari-hari sehingga jadwal makan tidak menentu dan tingkat stress yang tinggi.

Ditambah lagi jika dengan konsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung, tentunya hal-hal tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam lambung.

Dalam istilah medis asam lambung ini disebut dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease, sebuah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam).

Prevalensi penyakit ini di negara-negara Asia termasuk Indonesia memang cenderung lebih rendah jika dibandingkan negara di Eropa dan Amerika, namun demikian selama beberapa tahun terakhir prevalensi penyakit ini di Asia terus meningkat.

Dengan begitu, asam lambung merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap diderita banyak orang. Siapa sangka Chef Marinka juga mengaku bahwa dirinya sering mengalami masalah asam lambung.

Chef cantik yang sempat menjadi juri Masterchef Indonesia ini akhirnya menjadi cukup picky untuk memilih bahan dasar makanannya sehari-hari.

“Memilih bahan makanan yang lebih ringan untuk dicerna dan tidak membuat lambung mudah teriritasi adalah kunci," ujar perempuan kelahiran 22 Maret 1980 tersebut.

Chef yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto ini mengatakan, untuk memilih bahan makanan alami sebagai konsumsi harian, ia mengganti tepung biasa menjadi tepung bebas gluten.

Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung di dalam gandum atau terigu, di mana apabila dikonsumsi terlalu berlebihan dapat mengiritasi lambung. Dengan begitu Chef Marinka saat ini berusaha untuk menghindari konsumsi gluten.

Baca Juga: Ciri-Ciri Perempuan Alami PCOS, Dari Jerawat Hingga Perut Buncit

“Sekarang sebenernya ini cukup gampang buat nemuin tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung, itu aku ganti sama tepung Mocaf yang dibuat dari singkong,” ujarnya.

Chef Marinka juga mengatakan bahwa ia gemar menggunakan tepung Mocaf bebas gluten, salah satunya merupakan produk lokal dari Ladang Lima.