Kompetisi Bisnis Kian Ketat, Tiga Tips Sukses Ini Penting untuk Diperhatikan!

By Siti Sarah Nurhayati, Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:29 WIB
Ilustrasi perempuan tengah sibuk mengembangkan bisnis (DOK. Shutterstock)

NOVA.id – Bisnis di Indonesia kini diketahui semakin berkembang, bahkan UMKM makin maju dan tak kalah dengan brand-brand besar. Sayangnya, sejalan dengan peningkatan tersebut, persaingan di dunia bisnis juga makin ketat yang membuat sebagian pelakunya gulung tikar. 

Meski begitu, beberapa bisnis tetap ada yang bertahan dan tak tergerus zaman. Salah satunya merek dagang Martabak Pecenongan 78.

Pahit getirnya kegagalan kini membawa salah satu kuliner legendaris kota Jakarta ini merengkuh pasar dan melebarkan sayap hingga ke lebih dari 400 cabang di seluruh Indonesia.

Dalam semangat Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, airasia food bersama Martabak Pecenongan 78 pun membagikan 3 tips seputar mempertahankan eksistensi bisnis dan berekspansi kepada sesama pejuang UMKM kuliner di Tanah Air.

Apa saja kunci kesuksesannya?

1. Konsistensi adalah kunci utama

Ada kalanya, pemilik bisnis “latah” dengan tren kekinian dan langsung melakukan pivot bisnis untuk menarik perhatian pasar. Namun, sebaliknya, Rey Christian, pemilik dari Martabak Pecenongan 78, tak lantas mengiyakan hal tersebut sebagai strategi yang tepat untuk bertahan.

Menurutnya, tren hanyalah bersifat sesaat, sedangkan konsistensi adalah kunci yang membuat sebuah bisnis bisa berusia panjang. Seorang pemilik bisnis haruslah konsisten dengan produk yang mereka jual dan mencari potensi-potensi di sekitar untuk mengembangkannya.

“Dari dulu hingga sekarang, Martabak Pecenongan 78 fokus di menu martabak. Namun, kami mengikuti selera pasar melalui inovasi menu, seperti meluncurkan martabak Sultan yang super besar dan mewah, hingga fleksibel dalam cara kami berkomunikasi dengan target market.”

Baca Juga: Bisnis Tanaman Hias Naik, FLOII Hadir Jadi Forum Florikultura Terbaru

“Jika dahulu hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, kini kami aktif mengembangkan media sosial, juga mengedepankan layanan pemesanan online, salah satunya dengan airasia food,” jelas Rey.

2. Kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga