Animasi Si Dul Siap Temani Keluarga Indonesia dengan Kisah Modern yang Sarat Pesan Moral

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:03 WIB
Indra Jaya dan Dana Riza kembali berkolaboradi di serial animasi Si Dul. (DOK. ISTIMEWA)

NOVA.id – Setelah serial animasi Adit Sapo Jawro yang disutradarai Indra Jaya meledak dan jadi tontonan wajib anak-anak, kali ini pihaknya akan kembali menghadirkan serial animasi teranyar bertajuk Si Dul.

Kembali bekerjasama dengan Dana Riza, sebagai Produser Kreatif, di bawah naungan Rocket Studio, serial yang diadaptasi dari novel berjudul Si Dul Anak Jakarta karya Aman Datuk Madjoindo diterbitkan tahun 1932 ini, akan menemani lagi keluarga di Indonesia.

Berkisah tentang kehidupan sehari-hari anak betawi bernama Dul yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, animasi yang diperuntukkan bagi anak-anak dan keluarga ini dikemas dengan sederhana dan selalu menyelipkan nilai moral dan edukasi didalamnya.

“Salah satu upaya menciptakan generasi unggul adalah dengan cara memberikan tontonan anak yang tidak hanya menghibur tapi juga harus menjadi karya yang membuka wawasan baru tunas muda bangsa ini," ujar Boy Rafli Amar sebagai pemilik hak cipta Novel Si Dul dalam sambutannya saat soft launching Animasi Si Dul secara virtual, Selasa (16/8).

Dalam novelnya, Si Dul dikisahkan di latar waktu pada masa penjajahan. Bahkan, kesehariannya juga diceritakan lengkap dengan segala kekurangan dan kesulitan hidup yang dialami Si Dul pada masa itu.

Usaha untuk menjadi seorang anak yang gigih dan tangguh, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sosial dan agama serta budi pekerti yang luhur, cocok untuk memberikan pelajaran baru bagi anak-anak.

Dan kini, “Novel Si Dul Anak Jakarta yang ditulis oleh kakek saya akan bertransformasi menjadi karya animasi tentu menjadi kebanggaan untuk saya dan keluarga besar saya,”

“Karena satu hari sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, telah lahir sebuah karya animasi yang kami persembahkan untuk Anak-Anak Indonesia, dengan judul Si Dul. Semoga animasi ini tidak hanya menjadi tontonan tapi juga menjadi tuntunan untuk generasi muda bangsa kita,” jelas Boy Rafli.

Ke depannya, pihaknya juga berharap serial animasi ini tidak hanya jadi tontonan tapi sekaligus jadi tuntunan juga bagi para orang tua untuk memberikan edukasi kepada putra putrinya.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Rano Karno dan Maudy Koesnaedi Jadi Pasangan Lagi, Boy William Takut Menikah

Lebih lanjut, sang sutradara, Indra Jaya juga mengaku sangat bangga karena bisa memimpin proyek serial ini.