APPMI Gelar Fashionality 2022 di Bandung, Atalia Praratya Ikut Hadir Membuka Acara

By Widyastuti, Rabu, 24 Agustus 2022 | 20:53 WIB
APPMI Gelar Fashionality 2022 di Bandung, Atalia Praratya Ikut Hadir Membuka Acara (Instagram @poppydharsono)

 

NOVA.id - Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mempersembahkan ekshibisi dan pertunjukan busana dengan konsep Fashion dan Nationality (FASHIONALITY) bertajuk Modest est Mode.

Acara tersebut bertempat di Trans Convention Center, 3rd floor (Trans Luxury Hotel, Bandung) tanggal 24-26 Agustus 2022.

Dalam pembukaan acara tersebut, hadir pula Atalia Praratya selaku Pembina APPMI Jawa Barat sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat.

Seperti diketahui, APPMI adalah Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia yang didirikan oleh Ibu Poppy Dharsono pada tahun 1993.

APPMI berkiprah mengedepankan dan menyinergikan antara industri, UMKM dan fashion serta tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Perkembangan fashion modest di Tanah Air dan  khususnya Jawa Barat sangat signifikan. Bandung sebagai Parijs Van Java memiliki industri busana muslim yang juga berkembang pesat.

Hal ini melatarbelakangi APPMI Jawa Barat untuk mempersembahkan ekshibisi dan pertunjukan busana dengan konsep Fashion dan Nationality (FASHIONALITY) bertajuk Modest est Mode.

APPMI kembali menggelar pekan mode tahunan terbesar di Jawa Barat setelah sebelumnya sukses dengan Cultural Diversity di tahun 2018.

Definisi MODEST WEAR hampir selalu terikat pada batas-batas fisik dan geografis suatu daerah.

Baca Juga: Tokopedia Paylater Bisa Jadi Modal Usaha, Begini Caranya

Namun dalam perkembangannya, batas-batas tersebut mencair. Penyebaran unsur-unsur budaya modern akibat kemajuan teknologi, komunikasi, informasi seta transportasi, membawa pengaruh kepada dunia fashion dan modest Tanah Air.

Kekayaan budaya Nasional yang berasimilasi dengan budaya modern membuka peluang pasar dalam negeri untuk diterima di pasar internasional.

Hal inilah yang menjadi kekuatan pasar nasional di era globalisasi. "MODEST EST MODE" berasal dari kata "MODEST" dan "MODE".

MODEST EST MODE berusaha mengedepankan padu padan gaya, material, dan unsur lokal sebagai pembentuk budaya nasional, dengan unsur busana muslim modern yang universal.

Tak melepaskan diri dari keutamaan budaya nasional, garis perjuangan APPMI sebagai asosiasi dan organisasi tetap terfokus kepada pengembangan unsur-unsur lokal.

Desain inovatif dan modern, yang tetap kental mengangkat nilai budaya nasional menjadi dasar pengambilan tea "MODEST EST MODE".

Proses panjang perkembangan industri fesyen juga menggerakkan APPMI untuk mengangkat

konsep sustainable fashion, yaitu konsep yang mengedepankan kualitas produk dan cara produksi yang ramah lingkungan (mencakup recycle dan upcycle fashion).

Tak dipungkiri bahwa pada akhirnya masyarakat membutuhkan konsep eco fashion yang mendukung kelestarian alam, serta mampu membawa nama fesven Indonesia di kancah industri fesyen dalam dan luar negeri.

Menampilkan lebih dari 300 outfits terkini hasil karya lebih dari 30 desainer APPMI, acara ini didukung pula oleh Bank Indonesia, Yogya Group, Larasatie Indonesia by MT Jewelry, Disperindag Provinsi Jawa Barat serta Dekranasda kab. Bandung, kab. Garut, kab. Indramayu, kota Bekasi & Tasikmalaya, acara pembukaan akan memperagakan busana tenun dan aneka kain hasil olahan anak bangsa.

 Baca Juga: Review Film Purple Hearts: Bawa Kisah Klasik Tapi Menyentuh Rasa

 

Sekilas acara yang digelar FASHIONality 2022

Rabu, 24 Agustus 2022:

Pukul 10.00 - 12.00 Opening Ceremony:

1. Wiselook x APPMI designers:

Alice Salindra, Rosi Marselina, am Laurisha, Errin Ugaru, EPC Eddy P Chandra, Inez Kantahuri, Debby Tan, Hanny Lovely, Second Sign by Hani Zharifa, Harry Lam, Veronika Vidyanita, Naimy 31

2. BI x APPMI designers:

Bellahasura, Evy Susanti, Inez Kantahuri, Iva Lativah, Rika Mulle, Susan Zhuang

3. Dekranasda X APPMI designers

Kab. Bandung : Bellahasura

Jawa Barat : Toera Imara

Kab. Garut : Aam Laurisha

Kab. Indramayu : Inez Kantahuri

Kab. Bandung : Rika Mulle

Kota Bekasi : Herman Nuary

Kota Tasikmalaya: Evy Susanti

Pukul 16.00 - 18.00 Preserving Tradition:

Naimy 31, Debby Tan, EPC Eddy P Chandra, Second Sign by Hani Zharifa, Evy Susanti

Kamis, 25 Agustus 2022

Pukul 16.00 - 17.30 Movement Addiction

Duai Fav, Catalia Batik, Aden Hijab by Pratiwi Anggraeni, Nila Purri,

Zeta Scarves Lifestyle, D'natiga Pearls and Jewels (dress by Hanny Lovely),

Erha, Ritz Syar'i

Pukul 19.00 - 20.30 12 brands from YOGYA Dept. Store:

NRG, Elips, Chic n Style, Dressel, Butterum, Ameera, One Brand, Herb, Triset Shoes,

La Viola, Executive, ZLY

Jumat, 26 Agustus 2022 :

Pukul 16.00 - 18.00 Sparkling Motion:

byOmar, Tuneeca Daily, Elizabeth, Violetta by Audry, Michelle Lu, Yasmin Wiwid

Pukul 19.00 - 21.00 Closing : APPMI designers × Larasatie Indonesia by MT Jewelry

Lia Soraya, Rya Baraba, Bellahasura, Herman Nuary, Fiona Yao, Harry Lam,

Malik Moestaram, Susan Zhuang, Harry Ibrahim. (*)